CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Masa Jabatan Komisioner KPU Bengkalis Berakhir

Selasa, Februari 18, 2014

Ketua KPU Bengkalis, Iskandar SH
saat memimpin rapat
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Pelantikan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau Annas-Arsyadjuliandi menghitung jam saja. Dipastikan hari ini Rabu (19/2), keduanya di lantik di Gedung DPRD Riau. Hal itu diperkuat dari surat undangan resmi yang diterima KPU Bengkalis, Selasa (18/2) kemarin. Dengan dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih itu, maka secara otomatis masa jabatan Komisioner di KPU Bengkalis berakhir.

Demikian diutarakan Ketua KPU Bengkalis Iskandar, SH, Selasa (18/2) kemarin saat di temui diruang kerjanya. Menurut Iskandar, pihaknya KPU sampai hari ini masih menunggu hasil pengumuman seleksi anggota KPU yang sedang diproses melalui Tim Seleksi Calon Anggota KPU Bengkalis.

Kendati demikian, sambung Iskandar selama sisa jabatan Komisioner seluruh tahapan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tanggal 9 April mendatang sudah terlaksana. Diantaranya, KPU sudah menerima Logistik Pileg, serta melakukan sortiran yang saat ini sudah di susun dengan baik. Selain itu melaksanakan pembentukan Tim Relawan Demokrasi.

“Tim Relawan Demokrasi kita sudah mulai bergerak membuat modul atau format yang akan disampaikan oleh relawan, kita juga akan melaksanakan gerak jalan santai pada 9 Maret mendatang, gerak jalan itu secara nasional, dan kita juga koordinasikan dengan pihak-pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan seluruh lapisan, target peserta gerak jalan santai itu sebanyak 3 ribu masyarakat,”kata Iskandar.

Ia juga menyampaikan, kegiatan yang terlaksana itu tidak lain salah satu upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pileg dan Pilpres 2014. Dikatakannya, untuk sementara ini logistik yang di terima masih belum lengkap. KPU baru menerima sebagian kecil logistik saja, sedangkan lainnya seperti surat suara, tinta, segel, formulir, dan kekurangan kotak suara masih belum dikirim.

“Logistik tidak semuanya kita terima, seperti surat suara, tinta, segel, formulir, dan kotak suara yang kurang belum sampai. Menurut informasinya, awal Maret akan tiba di Bengkalis,” katanya lagi.

Iskandar juga menyampaikan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pileg dan Pilpres akan terjadi perbaikan. Validasi DPT tersebut berdasarkan hasil rapat pleno tanggal 30 November 2013 lalu, dimana jumlah DPT itu sebanyak 366.286. Artinya, jumlah DPT akan mengalami perubahan, karena terdapat pemilih ganda, pindah alamat, dan ada yang meninggal dunia.

“DPT akan ada perubahan hingga 14 sebelum pemilihan umum legislatif dilaksanakan. Namun jumlahnya tidak bertambah dari DPT sebelumnya, dan lebih cendrung pada pengurangan dari DPT yang sudah ditetapkan, bagi yang pemilih yang belum terdaftar maka akan dimasukkan dalam pemilih khusus. Syaratnya harus punya identitas seperti KTP, Paspor, dan diakui oleh perangkat desa setempat,”katanya lagi.

Jika tidak terdaftar sebagai pemilih khusus, sambungnya lagi. Maka pemilih bisa mendatangi TPS terdekat dengan tempat tinggalnya. Dengan catatan, harus membawa identitas resmi tiga hari sebelum proses pemilihan.

“Saya prediksikan pemilih di Pileg akan meningkat dari tahun lalu. Bagaimana pun Golput harus terhindar dari Pileg, dan Pilpres. Ini tugas KPU ke depan,”kata Iskandar. (asr)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau