CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Herliyan Saleh : LPTQ Berperan Strategis dalam Penghayatan Nilai-Nilai Al-Quran

Jumat, Desember 06, 2013

Ceramah agama dalam acara LPTQ
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Bengkalis.Tahun 2013 M/1435 H, secara resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh didampingi Sekda Bengkalis H Burhanuddin, pengurus LPTQ H Ariyanto dan ketua harian LPTQ Provinsi Riau, Dr H Suryan A Jamrah MA.

Acara pembukaan LPTQ diselenggarakan di lantai IV kantor Bupati Bengkalis jalan Ahmad Yani Bengkalis, Kamis Malam (05/12/13) pada pukul 20.00 Wib, dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh pejabat-pejabad Eselon II dan III, Pemkab Bengkalis.

Dengan tema Penguatan peran LPTQ dalam dalam upaya membumikan Al Qur'an melalui peningkatan kualitas. Insan Qur'ani di Kabupaten Bengkalis Ini.lembaga pengembangan tilawatil Qur'an kabupaten bengkalis tahun 2013 di laksanakan berdasarkan keputusan:

1. Keputusan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri Ri Nomor 19 tahun 1977 tentang pembentukan lembaga tilawatil kura'an.
2. Keputusan menteri agama Nomor 240 tahun 1989 tentang susunan organisasi.
3. Keputusan bupati bengkalis nomor 439/KPTS/X/2013 tentang kepengurusan lembaga tilawatil Qur'an.
4. Keputusan ketua umum lembaga LPTQ No 03/LPTQ/KPTS/2013 tentang pembentukan panitia.

"Saya memandang pelaksanaan rakerda LTPQ merupakan kegiatan strategis dalam melakukan evaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, sekaligus menjadi sarana dalam menghimpun aspirasi yang berkembang baik di jajaran pengurus LPTQ tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan," kata Herliyan Saleh ketika memberi sambutan.

Orang Nomor Satu Kabupaten Bengkalis ini juga berharap, ajang yang penuh nuansa silaturahmi ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang inovatif, agar alqur’an lebih menyentuh kepada masyarakat, serta mampu mempertahankan dan lebih meningkatkan kinerja LPTQ bengkalis.

"Merupakan sarana yang sangat potensial untuk mensyiarkan agama Islam dan membina mental spiritual umat, dalam peran yang diembannya, LPTQ bukan sekedar wadah pengembangan tilawatil Qur’an, tetapi juga diarahkan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan dakwah," katanya.

Selain itu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) memiliki peran yang penting dan strategis terutama dalam meningkatkan semangat umat islam untuk membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan al Quran. Sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam pengembangan, pembinaan dan penghayatan nilai-nilai al Quran harus terus meningkatkan perannya.

Tantangan lembaga pengembangan tilawatil Quran ke depan semakin berat, terlebih di tengah modernisasi. untuk itu, para pengurus lebih inovatif dalam menjalankan fungsinya demi mendorong umat agar selalu lebih dekat dengan kalam-kalam ilahi. terpenting dalam upaya mencapai cita-cita luhur untuk membumikan al quran,didukung oleh tenaga yang professional, sarana dan prasarana yang memadai serta partisipasi dan kemauan masyarakat yang besar untuk memahami nilai-nilai Qur’an.

"Hal ini merupakan modal berharga bagi pengembangan, pembinaan dan penghayatan terhadap nilai-nilai mulia al-Qur’an. apalagi saat ini, moral umat islam terutama generasi muda sangat rentan terpengaruh oleh budaya asing yang sangat bertentangan dengan syariah islam," tutup Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh. (Asr)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau