CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Kadin Bengkalis Canangkan 4 Cluster Produk OVOP

Selasa, Juni 17, 2014

Ketua KADIN Bengkalis Masuri SH
BENGKALIS RIAUGREEN.COM - Kamar Dagang Industri (KADIN) Bengkalis sebagai Mitra Pemerintah Kabupaten Bengkalis canangkan 4 cluster produk untuk One Village One Product (OVOP) Kabupaten Bengkalis yaitu produk Lempok Durian, Produk Tenun Lejo, Produk Pengolahan Hasil Perikanan, dan Handycraft di tahun 2014, semangat OVOP ini mengacu pada Inpres nomor 6 tahun 2007 tangal 8 Maret 2007 tentang Kebijakan Percepatan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKMK guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, kata ketua KADIN Bengkalis Masuri SH saat dihubungi RiauGreen.com, Selasa (17/6/14) .

Proses pencangan ini telah melalui beberapa tahapan kegiatan yang telah KADIN Bengkalis lakukan, yaitu :

1. Pendataaan UMKM dan IKM dari tahun 2012 sampai dengan sekarang.
2. Promosi produk UMKM IKM Bengkalis dengan mengikuti pameran baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti pameren di Beijing RRC.
3. Membuka jalur pemasaran produk seperti dibukanya outlet KADIN Bengkalis di Pelabuhan roro Bengkalis dan kerja sama promosi dengan Dewan Perniagaan Melayu Malaka,
4. Melakukan pembinaan dan peningkatan IPTEK terapan tepat guna kepada UMKM dan IKM dengan membuka Klinik UMKM dan IKM KADIN Bengkalis.

Dari proses yang telah dilalui tersebut, KADIN Bengkalis mengkristalisasikan permintaan pasar domestic dan global akan produk UMKM Kabupaten Bengkalis pada 4 cluster produk yaitu Lempok Durian, Kain Tenun Lejo, Produk Pengolahan Hasil Perikanan dan Handycraft, yang harus menjadi perhatian bersama semua stakeholder karena terjadi hukum pasar dimana lebih tinggi demand dari pada supply dan keberadaan bahan baku akan ke 4 cluster produk tersebut sangat melimpah dan bisa kontinu mensupply kebutuhan produksi , terang Masuri, SH.

Kondisi seperti ini yang memicu KADIN Bengkalis mencanangkan 4 cluster produk dengan semangat OVOP sebagai bahan masukan dan mengajak Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk memfokuskan pada produk Lempok Durian, Kain Tenun Lejo, Produk Pengolahan Hasil Perikanan dan Handycraft sebagai Produk Unggulan Kabupaten Bengkalis, sehingga gerakan ekonomi kerakyatan semakin meningkat dan tersistematis dalam wujudkan penciptaan produk unggulan dengan kualitas global, mengembangkan wilayah dan potensi desa sehingga ada kebanggaan menjadi warga desa, dan mengembangkan sumber daya manusia yang berfikir global tetapi bertindak lokal, demikian tutup Ketua KADIN Bengkalis Masuri SH. (RN)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau