CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Dishub Dumai Berikan Pra Diksar Untuk Security

Selasa, Juni 10, 2014

DUMAI, RIAUGREEN.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai memberikan pelatihan Pra Pendidikan Dasar (Diksar) Security kepada 28 petugas Security yang bertugas di lingkungannya. Tujuannya ialah agar para Petugas Keamanan yang ada di lingkungan Dishub ini mampu mengatasi gejala – gejala yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah yang dijaganya.

Dimana, Pelatihan Pra Diksar Security yang digelar Dishub Dumai bekerjasama dengan pihak Kepolisian Resort (Polres) Dumai ini berlangsung selama 2 hari, sejak Sabtu hingga Minggu (7-8 Mei 2014) yang melibatkan 28 petugas Security yang mengikuti pelatihan dan 8 instruktur (pelatih) dari Polres Dumai.

Dengan adanya pelatihan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Taufiq Ibrahim berharap, agar para Security Dishub yang menjadi peserta pelatihan ini dapat benar – benar mengikutinya dengan baik serta bisa menjalankan arahan yang diberikan oleh Instruktur pelatihan dalam hal ini dari pihak Kepolisian.

“Kita berikan pelatihan pra diksar ini, agar para Security yang ada dilingkungan kita benar – benar terampil dan dapat menjaga keamanan diwilayah tugasnya. Dan pelatihan ini juga sangat bermanfaat untuk diri mereka sendiri (Security,red), sebab sebelum mengikuti Pendidikan Dasar Security, para security sudah mengenal tupoksinya terlebih dahulu,” sebut Taufiq.

Lanjutnya, pelatihan untuk Security ini telah digagas oleh Dishub Dumai sejak tahun 2013 lalu dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“ Security kita yang telah bersertifikat sebanyak 11 orang, yang sedang mengikuti Diksar untuk mendapatkan sertifikat sebanyak 10 orang dan saat ini yang mengikuti Pra Diksar sebanyak 28 orang,” jelas Taufiq seraya berharap, mudah – mudahan Dishub Dumai dapat memberikan contoh yang baik terhadap Instansi Pemerintah lainnya yang memiliki petugas Security.

Sementara, Ketua Panitia Pelatihan Pra Diksar Security Indra Irawan menambahkan, Petugas Security yang ada dilingkungan Dishub Dumai berjumlah 66 orang yang ditempatkan di lingkungan Dinas Perhubungan Kota Dumai diantaranya, di UPT Terminal Barang, UPT Bandara, UPT Terminal AKAP, RO-RO dan di Kantor Dinas Perhubungan, Jalan HR Soebrantas Dumai.

Dari jumlah tersebut, terang Indra, 11 petugas security telah memiliki sertifikat, 10 petugas sedang mengikuti Diksar Security di Pekanbaru untuk memperoleh Sertifikat dan 28 petugas lagi yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan Pra Diksar yang digelar Dishub bekerjasama dengan pihak Polres Dumai.

“ Sisanya yakni 17 orang lagi, rencananya diikutkan dalam Pelatihan Pra Diksar Gelombang kedua yang akan di gelar di akhir tahun 2014 ini. Karena, dalam tiap tahunnya kita dua kali melaksanakan Pra Diksar untuk petugas Security kita dengan target di tahun 2015 seluruh petugas security yang ada di Dishub Dumai telah memiliki sertifikat security semua,” ungkapnya.

Indra yang juga Kasi Penegakan Hukum LLAj Dishub Dumai ini mengharapkan, semoga dengan telah diberikannya pelatihan Pra Diksar Security ini para Security yang ada di Dishub Dumai telah mengetahui apa – apa saja tugas pokok dan fungsinya. Sehingga, mereka dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar.

Sebagai tambahan, pada HUT Security tahun 2013 lalu di Kota Dumai, Security Dishub memperoleh Juara II.

Selanjutnya, Kasat Binmas AKP Ali Ardi melalui Kbo Sat Binmas Ipda Zuhri menerangkan, dalam pelatihan Pra Diksar ini pihaknya memberikan pendidikan berupa, dasar PBB, Bela Diri, Kemampuan Penggunaan Borgol dan Tongkat serta melatih inter personal skill dan kemampuandan juga IQ.

“ Teknik-teknik tugas kepolisian terbatas, misalnya tugas patroli dan penjagaan juga kita berikan. Karena, mereka (Security,red) ini merupakan pengemban tugas kepolisisan terbatas. Dan Pra Diksar ini sangat perlu bagi petugas security sebelum mengikuti Diksar Security, sebagai langkah penyegaran terlebih dulu,” bebernya.

Untuk itu, Ipda Zuhri berharap, Sebagai satuan pengaman, para Security ini dapat meningkatkan kualitas kerja sebagai Petugas Keamanan di wilayah tugas/kerjanya masing – masing dan mereka juga harus siap menghadapi hal-hal yang dapat mengganggu Kamtibmas diwilayahnya.

Dari beberapa Instansi/SKPD yang ada di Kota Dumai, tegas Ipda Zuhri, baru Dinas Perhubungan dan RSUD Dumai saja yang telah memberikan pelatihan Diksar kepada petugas Keamanannya.

“ Untuk itu, kita menghimbau kepada seluruh Instansi di Kota Dumai yang menggunakan jasa pengaman, agar dapat memberikan pelatihan pendidikan dasar kepada petugas kepolisian terbatas yakni Security,” harapnya.***(dishub.dumaikota.go.id)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau