CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Bupati Bengkalis Pimpin Rapat Koordinasi Pilpres 2014

Jumat, Juni 27, 2014

Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menyampaikan sambutan pembukaan pada Rakor Pilpres 2014, Jumaat (27/6/14)
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bagian Tata Pemerintahan Setda Kab.Bengkalis menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pemerintah Daerah, Jumaat (27/6) dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli mendatang. Rakor bertempat di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis.

Rakor dibuka oleh Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh didampingi Kapolres Bengkalis AKPB Andry Wibowo, Kabid Fasilitas Organisasi Politik dan Organisasi Masyarakat Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesabangpol dan Linmas) Pemprov Riau Peri Yusnadi, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Bengkalis Defitri Akbar, dan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kab. Bengkalis Mendra.

Kegiatan ini melibatkan 230 peserta berasal dari SKPD, Bagian di sekretariat, Camat dan Lurah/Desa lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dalam arahannya, Bupati Herliyan mengatakan Rakor bertujuan untuk membangun koordinasi, persepsi, dan komitmen untuk mengawal Pilpres yang aman, damai dan demokratis serta mengantisipasi terjadinya penyimpangan dan pelanggaran.

Untuk itu, Bupati instruksikan kepada seluruh pejabat Pemkab Bengkalis agar saling menguatkan komitmen dan menempatkan skala prioritas untuk menunjang kesuksesan penyelenggaraan Pilpres.

Menurut Bupati ada tiga fase rawan dalam Pilpres yang harus menjadi perhatian kita bersama. Pertama, fase distribusi surat suara, beliau berharap proses distribusi berjalan dengan jujur tanpa ada permainan dari oknum-oknum tertentu. Proses distribusi surat ini harus diawasi dengan ketat karena dari fase ini bermula masalah dalam pemilu.

Kedua, fase pemungutan suara, harus berjalan dengan jujur, adil, dan rahasia. Sedangkan fase ketiga merupakan fase paling genting yakni fase penghitungan suara. Bupati minta masyarakat bisa menerima dengan lapang dada siapa pun yang terpilih kelak.

"Saya berharap para perangkat kepala desa, RT dan RW, PPK dan PPS memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Setelah mengikuti rakor ini, sampaikan dengan jelas dan sebaik-baiknya ke masyarakat agar daerah kita mendapatkan pemilihan presiden yang berkualitas. Semoga berkat kerjasama semua elemen, tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Bengkalis pada pemilu 9 April mendatang kembali mengalami peningkatan yang signifikan, " kata bupati Herliyan Saleh.

Kepada camat, Bupati juga minta agar cepat mengatisipasi segala kemungkinan gesekan-gesekan antara kelompok pendukung capres dan cawapres.

"Tingkatkan koordinasi dan kerjasama dengan unsur pimpinan kecamatan (Upika) setempat. Bersama upika, saya minta camat untuk memetakan tingkat kerawanan yang dikhawatirkan menimbulkan benturan antar kelompok pendukung," paparnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Andry Wibowo, dalam pemaparannya mengemukakan, situasi keamanan dalam rangka menjelang Pilpres secara umum dalam keadaan kondusif, aman dan terkendali. Namun demikian, selaku aparat harus tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan yang akan timbul pada Pilpres mendatang, termasuk kepada seluruh petugas penyelenggara Pemilu.

"Dengan adanya upaya persamaan pandangan antara Pemkab, petugas penyelenggara dengan aparat keamanan, maka permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan Pemilu dapat diselesaikan. Apapun isunya, segeralah koordinasi dengan kami. Kami juga akan menempatkan sejumlah personel disetiap desa. Ini dilakukan untuk antisipasi pengamanan, mulai dari pendistribusian logistik hingga selesai perhitungan suara," ungkapnya. (adv/hms)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau