CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Pemko Dumai Terus Tingkatkan Ekonomi Melalui Sektor Industri

Kamis, Mei 15, 2014

Pabrik Kawasan Industri Dumai berjejer
disepanjang pantai kawasan PT Pelindo
Dumai
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Kota Dumai ibarat serambi Indonesia karena terletak di wilayah yang berhadapan langsung dengan negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Setiap hari, lalu lalang kapal-kapal besar pengangkut barang yang melintasi laut Dumai bisa terlihat langsung di kota ini.

Aliran investasi yang terus meningkat mendorong pertumbuhan perekonomian Kota Dumai. Hal ini dilatarbelakangi letak Kota di Provinsi Riau ini yang sangat strategis.

Tak heran bila Kota Dumai telah menjadi pusat perdagangan antar pulau sejak Kerajaan Siak dahulunya. Bermodalkan letak srategis iniah yang berupaya diangkat Kota Dumai yang resmi berdiri pada tanggal 20 April 1999.

Dan pengembangan industry yang sangat pesat memilik lima kawasan industry yang strategis diantaranya kawasan industry Dumai, Kawasan Pelintung seluas 5.048 Hektar, kawasan industry Lubuk Gaung seluas 2.158 hektar, kawasan industry Bukit Kapur dan kawasan indutri terpadu Dock Yard seluas 300 Hektar.

Dumai, juga dikenal sebagai kota minyak. Perusahaan besar dan ndustri yang turut serta memajukan Dumai secara tidak langsung adalah PT. CPI (Chevron Pacific Indonesia) yang bergerak mayoritas dalam bidang pertambangan dan ekspor minyak dan gas bumi.

Kemudian PT. Pertamina yang bergerak dalam bidang pengolahan dan pendistribusian minyak dan gas bumi dalam negeri serta disusul oleh industri pengolahan minyak sawit (CPO) seperti PT. Wilmar Group dan puluhan perusahaan CPO lainnya. Selain industri skala besar seperti di atas, terdapat juga beberapa industri kecil atau home Industri. Pengolahan hasil pertanian seperti kelapa dijadikan VCO minyak kelapa murni.

Kemudian salah satu kawasan inidustri ini telah menjadi paling pesat kemajuannya di Propinsi Riau yakni kawasan industri Pelintung. Di kawasan industri ini telah dibangun satu dermaga ekspor dengan kapasitas tiga kapal tanker sekali sandar. Telah dibangun juga pabrik pupuk NPK dan telah berproduksi yang diyakini menjadi pabrik pupuk NPK terbesar di Asia Tenggara.

"Pemko Dumai tetap komitmen manfaatkan peluang bagi negara tetangga atau investor mana saja yang ingin berinvestasi di Kawasan Industri Dumai (KID) yang berada dalam kawasan PT. Pelindo Dumai, Kawasan Industri Pelintung, Kawasan Industri Lubuk Gaung dan Pelabuhan Dumai masih terbuka luas untuk pengembangan usaha skala besar," sebut Walikota Dumai, Khairul Anwar..

Pertumbuhan ekonomi, berbanding lurus dengan perkembangan kawasan industri dan investasi. Saat ini kota Dumai memiliki lebih dari 100 perusahaan baik yang bermodal asing (PMA) maupun modal dalam negeri (PMDN).

Besarnya perkembangan itu menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai, Zulkarnaen adalah bentuk kepercayaan investor dalam berinvestasi di Kota Dumai.

"Hal itu terbukti dari berkembang pesatnya kawasan industri di Mutiara Pantai Timur Sumatera ini," katanya.

Pusat perdagangan Dumai

Indikator ekonomi makro berupa Product Domestic Regional Bruto (PDRB) Kota Dumai yang terus meningkat tiap tahunnya. Ini merupakan gambaran keberhasilan pembangunan perekonomian di Kota Dumai.

Untuk mendukung peningkatan PDRB tersebut maka titik berat pembangunan ekonomi Kota Dumai adalah dengan mempertahankan dominasi pembangunan pada sektor industri, perdagangan, angkutan, serta bangunan. disamping memperhatikan sektor pertanian sebagai penghasil bahan baku industri.

Tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat juga telah memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat di Kota Dumai sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

Empat kecamatan di Kota Dumai yaitu Kecamatan Sungai Sembilan, Medang Kampai, Bukit kapur dan Dumai Barat merupakan wilayah yang memiliki sumber daya lahan yang potensial untuk pengembangan agrobisnis dan agroindustri dengan rekayasa teknologi tepat guna. (r1/adv)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau