CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Tangkapan Ikan Nelayan Menurun Akibat Asap

Kamis, Februari 13, 2014


DUMAI, RIAUGREEN.COM - Kondisi kabut asap yang menyelimuti wilayah kota Dumai pada beberapa waktu terakhir ini berdampak pada penurunan hasil ikan tangkapan para nelayan di laut.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanla) Kota Dumai H Syafrizal menyatakan, sejak beberapa hari terakhir kemunculan kabut asap, kegiatan tangkap ikan nelayan menurun sekitar 15 hingga 20 persen.

"Dampaknya pasti ada dengan penurunan hasil tangkapan ikan sekitar 15 hingga 20 persen dibanding hari biasa," kata Syafrizal, Rabu (12/2) kepada wartawan.

Dia menyebutkan, pemerintah telah mengantisipasi maraknya kabut asap ini dengan mengimbau nelayan agar waspada saat melaut, terutama pada waktu malam hari.

Nelayan diminta untuk melengkapi diri dan kapal dengan peralatan pendukung dan safety, seperti lampu penerangan dan pelampung guna antisipasi disaat terjadi insiden.

"Kita telah sampaikan imbauan agar berhati-hati ketika melaut dan jangan lupa perhatikan kondisi cuaca serta keselamatan diri," ujarnya.

Diakuinya, meski kondisi cuaca tidak bersahabat, namun sejauh ini belum ada laporan yang masuk terkait kejadian insiden atau keluhan dari para nelayan.

"Kita berharap tidak ada kejadian insiden di laut dalam kondisi cuaca buruk ini, dan nelayan terus diingatkan untuk berhati-hati," sebutnya.

Pantauan, kabut asap yang menyelimuti kota Dumai pada Rabu jelang siang ini terus mengepul dengan keadaan tipis dan berjarak pandang mencapai 500 meter.

Diketahui juga, kejadian kebakaran lahan terpantau sebanyak 20 titik di sejumlah lahan milik warga, eks pengelolaan perusahaan serta areal penggunaan lain bukan kawasan hutan di beberapa kecamatan kota ini.**red

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau