CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Singa Afrika Lahirkan Tiga Ekor Anak di Kampar

Jumat, November 29, 2013

PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Tiga bayi singa afrika lahir di kebun binatang Kasang Kulim, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Sayangnya, hanya seekor yang bertahan hidup, sedangkan dua lainnya mati setelah lahir.

Pemilik kebun binatang, Agustina, Jumat (29/11), mengatakan ketiga bayi singa lahir awal pekan ini. Bayi singa tersebut lahir dari induk bernama Erna dan pejantan Simba.

"Barangkali saat ini keduanya jadi pasangan singa afrika paling berbahagia," kata Agustina.

Berita gembira kelahiran bayi singa itu oleh Agustina segera disampaikan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Menurutnya pasangan singa afrika ini memang sengaja dikawinkan di Kasang Kulim untuk menambah koleksi kebun binatang dan populasi satwa langka tersebut.

Singa betina yang berumur 14 tahun dikirim dari kebun binatang Siantar sedangkan pejantannya yang berumur 15 tahun direlokasi dari Surabaya.

Dari hasil perkawinan pasangan satwa liar itu lahir tiga ekor singa dengan bobot rata-rata 0,5 kilogram. Namun dua di antaranya mati karena terinjak induknya.

BBKSDA Riau di bawah Kementerian Kehutanan akan mengirim tim dokter untuk memantau kondisi kesehatan bayi singa. Menurut Kepala BBKSDA Riau Kemal Amas, kelahiran singa afrika di Riau termasuk peristiwa langka karena hanya terjadi dalam kurun waktu puluhan tahun. (

Kemal berjanji akan meningkatkan perlindungan satwa langka di Riau untuk mempertahankan populasinya. (mtn)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau