CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

BPBD Temukan 80 Titik Api di Bengkalis

Kamis, Januari 30, 2014

Moh. Jalal
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Kabupaten Bengkalis di musim panas sangat rawan kebakaran seperti lahan dan kebun, sebanyak 80 titik api di temui di Kabupaten Bengkalis ini, dikerenakan masyarakat untuk membersihkan lahannya dan kebunnya menggunakan pembakaran karena lebih cepat bersih.

Sementara itu kepala pemadaman BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis, Moh. Jalal, mengatakan dari tanggal 17 Januari 2014 hingga sampai saat ini telah mengatasi 80 titik api yang tergabung diempat Kecamatan, yaitu di Kec. Siak kecil Bukit Batu, Bengkalis dan Bantan.

Tingginya kebakaran disejumlah lahan di Kabupaten Bengkalis itu, bukan hanya akibat dari kecerobohan masyarakat yang membakar ranting ranting dilokasi lahan, tapi juga didukung dengan
musim angin kuat di bulan Januari ini.

"Memang kebakaran lahan tersebut ada yang disengaja oleh masyarakat yang sebenar tujuan hanya membakar ranting ranting semak belukar, tapi kita tahu sendiri bahwa tanah di Kab. Bengkalis banyak tanah gambut, sehingga dengan adanya musim angin kuat itu, api yang membakar semak semak merambat kedalam tanah," kata Jalal Kamis (30/1/2014).

Dengan munculnya musim angin kuat dibulan Januari itu, Jalal berharap pada seluruh warga di Kab. Bengkalis untuk tidak membakar semak semak dilokasi lahan dan jika memang terpaksa membakar harus diawasi, supaya apinya tidak merambat kemana mana.

"Petugas Damkar kita juga masih terbatas, saat ini baru kita letakkan 3 Grup di Kec Bukit Batu, Pinggir dan Bantan dengan jumlah satu grup 6 orang jadi untuk mengantisipasi tiap Kecamatan dari sejumlah bencana diantara kebakaran lahan.

"Kita sudah mengusulkan ke Dewan untuk menambah petugasnya, mudah mudahan usulan kita untuk menambah petugas yang akan kita letakkan ditiap Kecamatan ditahun 2014 ini dapat terpenuhi," harap Jalal. (asr)





0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau