CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Wabup Bengkalis Resmikan "Bank Sampah" Pertamina di Bukit Batu

Kamis, Oktober 24, 2013


BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis H.Suayatno meresmikan Bank Sampah di kecamatan bukit batu kamis (24/10/13) , peresmian Bank sampah adalah suatu bentuk solusi dalam mengatasi permasalahan sampah di lingkungan masyarakat.

Wakil Bupati Bengkalis Drs H Suayatno mengajak seluruh kalangan masyarakat khususnya Kabupaten Bengkalis untuk menumbuhkan kesadaran mengelola sampah, melalui bank sampah tersebut. Dalam acara ini juga dihadiri Camat Bukit Batu, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat dan Upika.

"Masalah sampah tentunya harus diikuti dengan perilaku positif dari masyarakat yang ada, untuk memanfaatkan fasilitas yang ada, seperti di Kecamatan Bukit Batu, melalui PT Pertamina RU II Sei Pakning yang sudah memiliki Bank Sampah dengan tagline 'SUCI' (Sungai Pakning, Unggul, Cantik dan Indah)," papar Suayatno.

"Selain itu masyarakat juga diajarkan bagaimana mengolah sampah menjadi kompos maupun pakan ternak," kata Wakil Bupati kepada sejumlah wartawan usai meresmikan Bank Sampah milik PT Pertamina RU II Sei Pakning, Kamis (24/10).

Wakil Bupati H.Suayatno juga mengatakan, bahwa bank sampah merupakan solusi dalam mengurangi sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA), dari rumah masyarakat, pembangunan bank sampah yang ada di Desa Sejangat, Kecamatan Bukit Batu ini menjadi momentum awal untuk menumbuh dan mengembangkan kesadaran masyarakat tempatan dan sekitarnya, untuk menciptakan prilaku hidup bersih dan sehat.


"Dengan adanya keberadaan bank sampah ini, merupakan bagian dari strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘bersahabat’ dengan sampah. Selain itu untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah itu sendiri," ungkap Wakil Bupati.

Sedangkan General Manager PT Pertamina RU II Sei Pakning, Sugeng Firmanto mengatakan, bahwa bank sampah merupakan salah satu program CSR dari PT Pertamina RU II Sei Pakning. Selain mengurangi sampah plastik dari limbah rumah tangga, keberadaan bank sampah,juga bernilai ekonomi yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat tempatan.

"Kita berharap dengan adanya bank sampah ini, perekonomian masyarakat lebih bisa meningkat lagi. Karena limbah plastik rumah tangga diolah menjadi taplak meja, tempat tisu, sendal, tas dan pernak pernik lainnya. Selain meresmikan bank sampah 'SUCI', kita juga meresmikan Natural Concervation League Telaga Suri Perdana," kata Sugeng.

Sementara itu, untuk Natural Concervation League Sugeng juga menjelaskan, kalau telaga suri perdana merupakan danau buatan yang berada di areal perumahan dan kantor Pertamina, untuk meningkatkan eko wisatakota. Telaga tersebut juga bertujuan untuk melestarikan keragaman hayati dan konservasi air di lingkungan Kelurahan Sungai Pakning.

"Untuk bank sampah sendiri bertujuan menggalang segenap kemampuan untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran lingkungan. Meningkatkan upaya pengolahan limbah atau sampah organik, secara komprehensif di lingkungan masyarakat," pungkas Sugeng lagi.

Sementara, Camat Bukit Batu M Fadlul Wajdi juga mengatakan, dengan adanya bank sampah, ekonomi masyarakat tentunya bisa meningkat. Selain itu, volume sampah per harinya sebesar 6 ton sampai 8 ton pun bisa berkurang.

"Saat ini bagaimana kita bisa mengurangi limbah rumah tangga dengan ide dan kreatifitas, yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Semoga kegiatan ini terus mendapatkan dukungan dari Pemkab Bengkalis,"harap Fadlul Wadji. (Asr)







0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau