CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Hadiri TTG Sumbar, Bupati Bengkalis Pamerkan Teknologi Bahan Bakar "Nipah"

Kamis, September 26, 2013

Heliyan Saleh bersama isteri di TTG Sumatera Barat
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - H Herliyan Saleh Bupati Kabupaten Bengkalis dan pejabat Pemkab Bengkalis, menghadiri acara Pameran Teknologi Tepat Guna(TTG)di Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (26/9/13), ajang pameran TTG kabupaten Bengkalis akan memamerkan produksi bioethanol pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna ke XV.

Panitia penyelenggaraan kegiatan pameran TTG tersebut, akan dibuka langsung oleh Presiden SBY Kamis (26/9/13) hari ini, dan kabupaten Bengkalis, akan mempraktekkan hasil proses produksi bioethanol dengan bahan bakar nipah (Nypa sp).

Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis, H Sopyan Hadi kepada sejumlah wartawan melalui ponselnya saat di Sumatera Barat, Rabu (25/9) kemarin.

“Kita sudah “siap tempur”, semua peralatan pendukung sudah kita siapkan dan tinggal operasi sahaja” ungkapnya.

Dikatakannya lagi, selama gelar teknologi yang akan dibuka oleh presiden SBY tersebut, tim dari Riau akan mempraktekkan bagaimana proses pembuatan bioethanol dengan bahan baku nipah ini.

Hal itu untuk demi mendukung,pihaknya juga sudah memboyong bahan baku siap olah sebanyak 3 drum. Berdasarkan pengalaman, bahan baku sebanyak 3 drum ini akan menghasilkan bioethanol sebanyak lebih kurang 45 liter.

“Tidak hanya itu, kita juga telah mempersiapkan bioethanol yang sudah jadi sebanyak 1 drum yang nantinya akan kita pergunakan langsung pada kendaraan bermotor,” terangnya.

Dengan cara seperti ini, kata Sopyan lagi, pihaknya ingin membuktikan bahwa produksi bioethanol dengan bahan baku nipah sama sekali tidak ada unsur rekayasa dan murni melalui proses pengujian yang akan berkelanjutan.

“Itu sebabnya kita berani mempraktekkan langsung agar siapapun yang menyaksikan percaya, bahwa bioethanol dari nipah ini adalah nyata sangat memungkinkan untuk dikembangkan secara massal, Terlebih pada kondisi dimana harga BBM semakin lama semakin mahal,” kata Sopyan.

Ditambahkan Sopyan, kalau pihaknya juga ikut memboyong pohon nipah ke lokasi pameran dengan maksud agar masyarakat tahu seperti apa bentuk pohon nipah itu. Seperti berulang kali dipaparkan bahwa produk bioetanol hasil penelitian yang kita lakukan memiliki tingkat kemurnian yang sangat luar biasa dengan kadar oktan melebihi pertamax.

Ajang TTG XV di Padang Sumbar akan diselenggarakan dari tanggal 26 – 30 September 2013 di selenggarakan di GOR H Agus Salim.yang mengikuti dalam ajang Pameran TTG sebanyak peserta Se kitar 6.500 orang dari 34 provinsi Indo nesia yang akan bakal hadir dan mengisi 320 stand.

Dari sekian banyak stand, Kabupaten Bengkalis dengan berbendera Riau itu akan ikut dalam event Pameran tersebut dengan teknologi andalan berupa bioetanol dari nipah. (Asr)





0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau