CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

33,6 Juta Hektare Hutan Produksi Tidak Terkelola dengan Baik

Jumat, September 06, 2013

JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Sekitar 33,6 juta hektare kawasan hutan produksi terbengkalai akibat tidak dikelola.
 
Dalam sarasehan nasional "Masa Depan Pengelolaan Hutan Produksi Indonesia" di Jakarta, Rabu (4/9), Nana menuturkan, kawasan yang aktif dikelola dengan sistem Tebang Pilih Tanam Indonesia (TPTI) hanya 9,4 juta hektare. Angka tersebut setara dengan 17% dari total luas kawasan hutan produksi tetap dan terbatas.
"Kondisi di lapangan cenderung buruk dan rusak akibat pembalakan liar dan pembakaran tidak terkendali karena tidak ada penanggungjawabnya," kata Ketua Bidang Produksi Hutan Tanaman Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia, Nana Suparna, seperti dikutip dalam Harian Tempo.
Sementara, kawasan yang aktif dikelola berdasarkan sistem Tebang Habis dengan Permudaan Buatan (THPB) hanya sekitar 8%. "Dengan demikian, sisanya, sekitar 75% tidak jelas pengelolaannya" ujar Nana.

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan menuturkan, kawasan hutan produksi terlantar karena banyaknya pemilik Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang tidak aktif meski izinnya masih berlaku. Dari total 294 HPH yang ada sekarang, hanya 115 unit manajemen atau sekitar 39% yang masih aktif. Sisanya 179 unit manajemen tidak beroperasi.

Zulkifli menambahkan, sekitar 59,29% total luas kawasan Indonesia, kawasan yang dikelola untuk produksi tinggal 30,9% atau 24,1 juta hektare. (RR/KT)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau