CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Harga Kayu Log di Indonesia Dinilai Rendah

Jumat, September 06, 2013

JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutan Kemenhut Bambang Hendroyono menuturkan saat ini terdapat sejumlah tantangan dalam pengembangan hutan produksi, diantara rendahnya harga kayu log dalam negeri, belum optimalnya pemanfaatan potensi kayu di hutan alam, dan rendahnya penanaman pada areal hutan tanaman industri (HTI).

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Kemenhut tengah mengkaji berbagai acuan kebijakan, seperti acuan pemanfaatan hutan produksi, perizinan, pola kemitraan, dan kebijakan membuka kembali ekspor log.

"Kita harus menjamin ketersediaan bahan baku industri dalam negeri dulu, baru ekspor. Log yang bisa diekspor juga dibatasi hanya kualitas tertentu," kata Bambang dalam sarasehan nasional bertajuk 'Masa Depan Pengelolaan Hutan Produksi Indonesia', seperti dilansir Harian Bisnis Indonesi, Rabu (4/9).

Selama ini pemerintah melarang ekspor kayu bulat. Pada 1998, keran ekspor kayu gelondongan dibuka, dan salah satu konsekuensinya adalah tingkat deforestasi di Indonesia melonjak tajam. Selanjutnya, keran ekspor kayu log kembali ditutup pada 2001 hingga kini. (*)

Source : energitoday


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau