CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Sudah 54 Orang di Riau Tertangkap Bakar Lahan dan Ilegal Logging

Rabu, Juni 25, 2014

Kebakaran Hutan
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Ratusan personel Satuan Sekelas Kompi (SSK) Brimob Polda Riau masih berjaga-jaga di lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Rokan Hilir. Personel Brimob tersebut diperbantukan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan serta untuk memburu para pelaku pembakaran.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo kepada wartawan, mengatakan personel Brimob Polda Riau itu membantu personel Polres Rohil Polres Dumai dan Polres Bengkalis serta Polres Pelalawan menangkap 54 warga pembakar hutan dan melakukan kegiatan ilegal logging.

"Satu SSK personel Brimob diterjunkan untuk membantu pemadaman api di lokasi kebakaran hutan dan lahan bersama warga dan petugas lainnya," kata Guntur, Rabu (25/6).

Sementara masing-masing Polres dibantu instansi terkait yang ikut memadamkan api juga ikut mencari para pelaku pembakaran dan ilegal logging tersebut. Hasilnya 54 pelaku diamankan.

Sejauh ini data kebakaran hutan paling dahsyat dan tingkat kasus ilegal logging paling banyak terjadi yakni di kabupaten Rokan Hilir dan Kotamadya Dumai.

"Dari total 37 Laporan kepolisian yang masuk sejak awal April hingga Juni 2014, kita tetapkan 54 orang warga sebagai tersangka," ujar Guntur sambil menegaskan 54 orang ditangkap dan dijadikan tersangka itu diduga terlibat atas kasus ilegal logging dan pembakaran hutan.

"Kita tindak tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan ilegal logging serta perambahan hutan dan lahan. Karena ketiga hal ini ada keterkaitannya," terang Guntur.

Menurut Guntur, kasus tersebut diawali dengan ilegal logging. Selanjutnya ada kecendrungan melakukan pembakaran. "Para pelaku yang kita tangkap dan kita tahan, karena tertangkap tangan melakukan ilegal logging dan membakar lahan," ujar Guntur.

Adapun upaya pencegahan kebakaran dilakukan dengan cara darat dan udara. "Yakni dengan menerjunkan helikopter patroli sudah dilakukan sebelumnya, selain itu untuk kawasan rawan, kita lakukan penambahan anggota patroli dan tim pemadaman api," terang Guntur. (red)

source : merdeka




0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau