CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Posko Siaga Karhutla Kembali Diaktifkan

Selasa, Juni 24, 2014

Wagubri, Arsyad Juliandi Rachman
PEKABARU, RIAUGREEN.COM - Berdasarkan pantauan terakhir Satelit Terra jumlah titik api di Sumatra mengalami peningkatan, tercatat 236 titik api muncul dan sebagian besarnya berada di Riau.

Diprediksi jumlah titik api akan terus meningkat seiring musim kemarau kering yang melanda Riau. Kondisi ini membuat Pemprov bersama Forkominda harus bergerak cepat mengaktifkan Posko Siaga yang dipusatkan di Lanud Pekanbaru.

"Kita membuat struktur organisasi untuk menentukan Posko Siaga Karhutla," ujar Wakil Gubernur Riau, H. Arsyad Juliandi Rachman usai memimpin rapat penanggulangan Karhutla yang berlangsung di kantor Gubernur Riau, Senin malam.

Dijelaskan Wagubri, Posko Siaga ditentukan sesuai dengan bidang masing-masing, dari hasil rapat koordinasi dengan Forkominda sesuai dengan ekspos yang disampaikan Kasrem akan bertugas menangani wilayah darat begitu juga Kepolisian untuk penindakan, Danlanud menangani dari udara.

Pembentukan Posko Siaga ini, dikatakan Wagubri sekaligus menindak lanjuti rapat dengan Wapres RI beberapa waktu lalu yang mengintruksikan pembentukan Posko Siaga Karhutla.

"Provinsi akan memfasilitasinya begitu juga Kabupaten Kota, ini kita lakukan untuk mengantisipasi dini kebakaran lahan, jangan sampai telat," ujar Wagubri yang tidak ingin kejadian kabut asap beberapa waktu lalu terulang kembali.

Menyangkut penanggung jawab kegiatan, untuk tingkat Provinsi diketuai oleh Gubernur dan Wakil Gubernur sementara Kabupaten Kota diketuai oleh Bupati/Walikota.

"Besok (hari ini) Posko Siaga diaktifkan, seluruh Individu yang berada di tiap Posko mulai melakukan kegiatan, dan pusatnya di Lanud Pekanbaru,"jelas Wagub.

Sekedar informasi dari informasi wartawan, Polda Riau telah menurutkan Brimob satu SSK dititik api, seperti di Siak, Bengkalis dan Rohil. (red/rgi)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau