CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Minyak PT Nagamas Kembali Cemari Laut Dumai

Selasa, Juni 03, 2014

Ilustrasi. (foto dok)
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Laut Dumai kembali dicemari oleh tumpahan minyak sawit/Crude Palm Oil (CPO) milik PT Nagamas Palm Oil Lestari. Tumpahan ratusan kilo minyak sawit terjadi pada Senin (2/6/2014) dini hari sekitar Pukul 00.30 WIB tepatnya di dermaga B komplek Pelabuhan Indonesia I cabang Dumai.

Informasi yang berhasil dirangkum, tumpahan minyak sawit terjadi akibat packing pipa loading pecah akibat tingginya tekanan minyak saat loading dari tanki PT Nagamas ke kapal tanker berbendera Thailand. Akibatnya minyak tumpah ke laut, dermaga dan membasahi dinding kapal. Sejumlah petugas kapal tanker terlihat sibuk membersihkan dinding kapal yang kotor akibat terkena tumpahan minyak yang di duga CPO.

Narasumber yang berhasil ditemui di lapangan membenarkan adanya tumpahan minyak di dermaga B Pelindo I Dumai. Tumpahan itu bermula saat transfer minyak dari tanki PT Nagamas ke Kapal tanker berbendera Thailand. "Proses ini biasanya disebut dengan loading," kata narasumber yang enggan disebutkan namanya.

Di tempat terpisah, Manajer PT Naga Mas, Surya Putra, kepada wartawan, Senin (2/6/2014) membenarkan insiden tumpahan minyak saat loading dari PT Nagamas ke Kapal Tanker. Menurutnya jenis minyak yang tumpah bukan CPO melainkan minyak makan.

"Yang tumpah bukan CPO tetapi minyak makan, dan jumlahnya tidak banyak hanya sedikit. Tidak ada minyak yang jatuh kelaut hanya membasahi dermaga saja," kata Surya Putra.

Surya Putra mengaku sudah membuat laporan ke Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Dumai terkait insiden itu. "Paska terjadinya insiden itu kita langsung membuat laporan ke KLH Dumai," tegasnya. (red/hrc)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau