CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

10 Tahun Selesai Dibangun, Terminal Akap Mandau Belum Difungsikan

Kamis, Juni 05, 2014

Kadishubkominfo Bengkalis, H Jaafar Arif
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Sudah 10 tahun selesai dipembangunan, terminal Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) di Desa Petani, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis belum kunjung difungsikan.

Terminal menelan anggaran Rp21 miliar itu baru bisa difungsikan, apabila pembangunan jalan lingkar Duri Barat selesai dikerjakan tahun 2015 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kabupaten Bengkalis Jaafar Arief yang ditemui, Rabu (4/6/2014) mengungkapkan soal keberadaan terminal AKAP yang sekarang masih belum berfungsi sama sekali. Disampaikan, bahwa operasional terminal AKAP itu sangat tergantung kepada jalan yang menuju ke lokasi terminal, dimana saat ini Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) tengah melaksanakan pembangunan jalan lingkar Duri Barat melalui sistem multiyears.

''Terminal AKAP Duri yang berlokasi di desa Petani bisa difungsikan, apabila akses jalan menuju terminal sudah ada. Sekarang ini jalan masih belum ada sama sekali, kecuali nanti apabila proyek jalan lingkar Duri Barat selesai, karena berada langsung di dekat lokasi terminal AKAP,'' terang Jaafar Arief .

Meskipun terminal AKAP itu tidak dipakai sama sekali, bukan berarti Dishubkominfo tidak memperhatikan perawatan terminal tersebut. Pihak Dishubkominfo bersmaa UPTD Dishubkominfo di kecamatan Mandau sudah melaksanakan gotong royong membersihkan terminal tersebut. Termasuk sejak beberapa bulan lalu, Dishubkominfo sudah menempatkan petugas kebersihan dan keamanan di terminal AKAP.

Diakui Jaafar, apabila jalan lingkar Duri Barat selesai, maka Dishubkominfo hanya tinggal menyiapkan jalan masuk dari jalan lingkar menuju ke terminal. Saat ini kondisi terminal diakuinya juga tidak terawat, dimana bahagian atap sudah banyak yang bocor dan rusak, kemudian dinding retak-retak dan ditumbuhi semak belukar disekeliling terminal.

''Kita sudah menempatkan petugas kebersihan dan keamanan untuk merawat terminal AKAP yang menelan dana APBD lumayan besar tersebut. Karena bagaimanapun terminal AKAP itu sangat strategis untuk dioperasikan, hanya karena belum adanya akses jalan menuju terminal menjadikan bangunan yang sudah siap itu tak difungsikan,'' jabar Jaafar Arief.

Langkah Dishubkominfo menjelang selesainya pembangunan jalan lingkar Duri Barat, disebut Jaafar Arief , pada tahun 2014 ini pihaknya akan membuat perencanaan untuk kondisi bangunan tersebut bagian mana saja yang akan direhab. Kemudian pada tahun 2015 pekerjaan fisik berupa perbaikan sarana yang rusak sudah dapat dilakukan.

''Mudah-mudahan keberadaan terminal AKAP dapat difungsikan, setelah ada akses jalan. Pada prinsipnya keberadaan terminal itu sangat menunjang dari sisi perekonomian, dan sekaligus membuka peluang kerja baru bagi masyarakat di Mandau dan sekitarnya,'' tutupnya. (red/grc)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau