CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Pemilu 2014 Jadi Ajang Saling Bantai!

Senin, Mei 05, 2014

JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Pelaksanaan sistem proporsional terbuka dalam Pemilihan Umum Legislatif 9 April 2014 telah merusak kualitas pemilu sehingga perlu dikaji ulang.

Hal itu diungkapkan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Almuzzammil Yusuf, yang menilai olitik uang, kecurangan, dan konflik antarcalon anggota legislatif dalam internal partai dan antar partai pada Pemilu 9 April 2014 lalu merupakan buah dari sistem proporsional terbuka yang dipaksakan oleh partai-partai besar, yang kini menjadi senjata makan tuan bagi kader-kadernya sendiri.

Saat itu, alasan parpol besar adalah persaingan bebas dan mengakomodasi banyak tokoh agar terlibat dalam politik di parlemen. Namun, pelaksanaannya ternyata sistem itu telah mengakibatkan persaingan yang tidak sehat dalam Pemilu 2014.

“Semua pihak belum siap, ya KPU, Bawas, para caleg, ternyata tidak siap. Yang menjadi raja dalam pemilu ini adalah politik uang dan kecurangan massif di internal partai, di penyelenggara pemilu, dan publik,” tegasnya, Senin (05/05/2014).

Ia mengusulkan pimpinan partai politik mengkaji ulang sistem proporsional terbuka yang digunakan dalam Pemilu 2014.

Jika perlu, pada Pemilu 2019 nanti, Indonesia sudah dapat menggunakan e-voting. Menurut dia, kualitas, kekuatan, dan akurasi alat e-voting di kedua negara itu seperti “black box” pesawat terbang yang terkunci, kuat, portable, dan bisa pakai accu mobil untuk daerah yang tidak ada aliran listrik. “Validitas lebih dijamin dan akurasinya bisa cukup memuaskan. Apalagi sudah nggak ada main kertas-kertasan lagi,” pungkasnya. (red/j3)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau