CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Kebutuhan Energi Konsumsi Masyarakat Bengkalis Sudah Diatas Kebutuhan Ideal

Selasa, Mei 13, 2014

Ir Herliyan Saleh Msc
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Bupati Bengkalis Ir H Herliyan Saleh Msc menyampaikan bahwa jumlah kebutuhan energi dari kosumsi masyarakat kabupaten bengkalis sudah diatas kebutuhan ideal.

Hal itu disampai kan bupati dalam membuka lomba cipta menu tingkat kabupaten bengkalis di kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, menurut standart nasional pola pangan harapan (pph), idealnya perkapita perhari dibutuhkan energi 2.000 kilo kalori (kkal), yang komposisinya 50% padi-padian, 6% umbi-umbian, 12% pangan hewani, 10% minyak dan lemak, 3% buah/biji berminyak, 5% kacang-kacangan, 5% gula, 6% sayur dan buah, 3% lain-lain. pemenuhan konsumsi ideal ini dinyatakan nilainya dengan angka 100 pada skor pph.

Berdasarkan data sensus bps tahun 2012, secara nasional jumlah energi dari konsumsi pangan baru mencapai 1.853 kkal/kap/hari, dengan tingkat skornya pemenuhan pph 75,4. di kabupaten bengkalis jumlah energi dari konsumsi pangan mencapai 2.144,60 kkal/hari/kap, dengan tingkat pemenuhan pph skornya 87,01.

Kendati jumlah energi dari konsumsi masyarakat di kabupaten bengkalis sudah di atas kebutuhan ideal, namun belum sepenuhnya memenuhi pola pangan harapan. hal ini disebabkan karena belum seimbangnya konsumsi pangan antar kelompok pangan, yakni kesimbangan antara mengkonsumsi padi-padian (beras), buah/biji berminyak dan minyak/lemak dengan sayur-sayuran dan buah-buahan belum sebanding.

Pola konsumsi yang demikian itu disatu sisi dapat menimbulkan ketidakseimbangan dalam tubuh kita karena kekurangan gizi tertentu. pada sisi lain akan meningkatkan tekanan untuk pemenuhan kebutuhan sumber pangan beras yang saat ini belum sepenuh dapat disediakan dari produksi lokal (baru terpenuhi sekitar 40%).

"Berkaitan dengan hal itu, upaya pencapaian pola konsumsi pangan sehat dalam masyarakat sesuai standar pph perlu ditingkatkan sehingga berbagai permasalahan yang mungkin dapat timbul akibat konsumsi pangan yang kurang tepat dapat diatasi atau diminimalisir," demikian Heliyan. (red/adv)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau