CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Tingkat Pencemaran 57 Sungai Besar Semakin Memprihatinkan

Minggu, April 13, 2014

Sungai Siak Riau
JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Sepanjang 2008-2013 dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap 57 sungai besar di Indonesia, menemukan 75% sungai berstatus sungai tercemar berat. Tingkat pencemarannya dari tahun ke tahun memperlihatkan kondisi semakin buruk, yakni pada 2008 sebesar 60%, naik 20% menjadi 80% pada penelitian 2013.

Mayoritas polutan yang mencemari sungai itu berasal dari limbah domestik (rumah tangga), tetapi ada juga yang berasal dari limbah nondomestik (industri), seperti di sungai Citarum, Jawa Barat, Sungai Fly di Papua, dan Krueng di Aceh.


Deputi VII Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, Kementerian Lingkungan Hidup, Hendri Bustaman memaparkan terdapat 20 parameter yang memberikan kontribusi terhadap pencemaran kualitas air sungai hasil penelitian KLH tersebut.


Di antaranya adalah Chemical Oxygen Demand (COD), Biological Oxygen Demand (BOD), fenol, klorin bebas, total coliform, dan fecal coli. "Masyarakat sudah berusaha membantu dengan daur ulang dan tidak membuang sampah," kata Deni seperti dilaporkan Harian Bisnis Indonesia, Jum'at (11/04). (red/etc)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau