CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Water Bombing Solusi Akhir Atasi Asap Pekat di Riau

Jumat, Maret 14, 2014

Kebakaran hampir hanguskan Kampus STIE Bengkalis
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kabut asap sisa kebakaran lahan di Riau kian pekat. Jarak pandang terbatas 300 meter mengakibatkan helikopter water bombing gagal beroperasi karena pilot kesulitan menjangkau titik api.

"Hari ini merupakan hari paling buruk, jarak pandang sangat tidak memungkinkan untuk terbang," kata Kepala Satgas Pemadaman Api Operasi Udara Kolonel Pnb Andyawan kepada wartawan, Kamis malam, 13 Maret 2014, di Posko Penanggulangan Bencana Asap Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Menurut Andyawan, tidak hanya water bombing, pesawat modifikasi cuaca pun tidak bisa lepas landas akibat asap. Maka, dalam satu hari ini, tidak satu pun pesawat yang mampu memadamkan api lewat udara. Meski demikian, kata dia, pihaknya sudah memetakan untuk operasi esok hari, jika jarak pandang masih pendek. Pemadaman lewat udara diupayakan dengan strategi tidak melawan arah angin yang membawa asap.

Pantauan satelit, kata Andyawan, menunjukkan arah angin bergerak dari utara ke selatan. Untuk selanjutnya, pemadaman akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari wilayah utara Pulau Rupat dan Dumai. "Wilayah Dumai jarak pandang sangat bagus, 1500 meter," ujarnya.

Sementara itu, untuk operasi penyemaian garam buatan, bakal dilakukan menggunakan pesawat Hercules yang terbang langsung dari Jakarta. Penyemaian garam akan dilakukan pada ketinggian 5000 kaki.

Kabut asap pekat yang mengepung Pekanbaru, Rabu, 12 Maret 2014, melumpuhkan aktivitas warga. Seluruh lembaga pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, diliburkan. Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II terpaksa ditutup hingga tiga hari ke depan. Hari ini, jarak pandang sangat pendek dibanding hari sebelumnya, yakni 100-500 meter. Sebanyak 86 penerbangan, baik keberangkatan maupun kedatangan, batal terbang.

"Kabut asap hari ini sangat mengganggu jarak pandang, tidak memungkinkan untuk melakukan penerbangan," kata Duty Manajer Bandara SSK II Pekanbaru Baiquni. (red/tc)




0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau