CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Tradisi Bakar Lahan di Riau Rugikan Masyarakat Luas

Jumat, Maret 07, 2014

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Pembukaan lahan dengan cara dibakar masih dilakukan sebagian masyarakat Riau. Pembakaran lahan dinilai praktis dan mudah dilakukan.

Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan meminta pemerintah daerah memikirkan solusi agar budaya bakar lahan ini hilang. Salah satu caranya bisa dengan menyediakan traktor agar masyarakat bisa membuka lahan tanpa dibakar.

 "Akibat kebakaran ini yang untung hanya segelintir orang, tapi kerugiannya luar biasa pada masyarakat luas," katanya kemarin.

Aksi warga ini dikhawatirkan membuat lahan lainnya ikut terbakar. Sustainability and Fire PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Inra Gunawan mengatakan pihaknya rutin melakukan patroli guna mencegah hal ini terjadi. Selama ini RAPP lebih banyak melakukan pemadaman di luar area konsesi.

Kadang warga dikatakan menolak kehadiran petugas patroli pemadaman dengan berbagai alasan. Kalau hal ini terjadi, bantuan pengarahan dari Kepala Desa, camat dan lurah setempat pun dibutuhkan. "Masyarakat yang keberatakan bisa mengajukan Surat Keberatan Pemadam Kebakaran (SKPK)," katanya. (red/rol)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau