CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Masih Terjadi Kebakaran Lahan di Dumai Barat

Rabu, Maret 19, 2014


DUMAI, RIAUGREEN.COM - Kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai, Provinsi Riau, belum berakhir. Rabu (19/3) siang, sekitar pukul 13.30 WIB, api berkobar di lahan milik warga di Jalan Nelayan Darat, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat. Lahan tersebut bersebelahan dengan rumah warga dan untung petugas pemadam kebakaran cepat datang untuk mencegah meluasnya api.

“Api bermula dari belakang, namun dengan cepat menjalar. Kita khawatir kalau sempat membakar kabel listrik, bahaya lain bisa muncul. Petugas pemadam kebakaran yang diberi tahu cepat datang dengan membawa satu unit mobil pemadam dam dua mobil tanki air,” kata Lurah Pangalan Sesai, Irham Milla di TKP.

Pengamatan RiauGreen.com, karena panjang slang air terbatas, petugas pemadam kebakaran kesulitan mencapai titik api, kecuali bagian yang terbakat sekitar 20-25 meter dari jalan. Petugas disamping memadamkan api, juga menyiramkan air ke bagian lahan yang belum terbakar, guna mencegah kebakaran semakin meluas. Namun demikian, api sudah melalap lahan seluas ¼ hektar.

“Sumber api diduga dari bagian belakang dan agar jauh dari pinggir jalan. Namun karena angin dan banyak bagian yang kering sehingga api cepat meluas. Sebelum petugas pemadam kebakaran datang, lahan seluas ¼ hektar sudah hangus terbakar. Diduga ada warga yang membakarnya,” jelas Irham. “Api baru bisa dipadamkan 30 menit kemudian.”

Sebelumnya, Senin (17/3), kebakaran lahan/hutan gambut terjadi di kawasan hutan lindung Pelintung, Kota Dumai.

Sebanyak 60 Personel Polisi dikerahkan memburu pelaku pembakaran hutan dan lahan di kawasan Dumai. Polres Dumai resmi membentuk Tim Pemburu Pembakaran Hutan dan Lahan. Setidaknya ada dua tim dibentuk untuk meringkus pelaku pembakaran yang meresahkan masyarakat sejak dua bulan terakhir.

“Dua tim yang dibentuk masing-masing beranggotakan 30 personel. Mereka melakukan tugas penegakan hukum di wilayah yang terdapat kebakaran hutan di lokasi tersebut, khususnya di wilayah Dumai,” kata Kapolres Dumai, AKBP Yudi Kurniawan. “Mereka personel dari satuan di jajaran polres, baik Polsek, intel, reskrim, maupun sabhara”.

Dari catatan Polres Dumai, saat ini banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Kecamatan Medang Kampai yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis. Kemudian terdapat lahan yang terbakar di Kecamatan Sei Sembilan. Kebakaran yang terjadi kita terus dilakukan penyelidikan. Apalagi Kapolri Jendral Polisi Sutarman sudah memerintahkan untuk menembak pelaku pembakaran hutan dan lahan yang melakukan perlawanan. Namun hal itu hanya dilakukan untuk memberi efek jera. (red)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau