CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Dubes Norwegia Sentil Pemerintah Indonesia Terkait Asap

Rabu, Maret 12, 2014

TNI diantara kebakaran lahan
PADANG, RIAUGREEN.COM - Duta Besar Kerajaan Norwegia Stig Ingemer Traavik menyayangkan kebakaran hutan di Riau yang juga dirasakan di daerah tetangga seperti Sumatera Barat.

"Kita sangat menyayangkan kebakaran hutan yang terjadi di Riau, seharusnya pemerintah mengontrol ini dan segera dihentikan, karena ini juga dialami dampak ke daerah tetangga," katanya saat memberikan sambutan Seminar Publik, Skema REDD + Hak Tenurial Masyarakat dalam Perencanan dan Implementasi Terkait Tata Guna Lahan Tata Kelolah Hutan di Hotel Mercure Padang, Rabu (13/3/2013)

Padahal hutan merupakan sumber kehidupan masyarakat lokal. Memang saat ini terjadi perubahan global namun itu harus diseimbangkan dengan menjaga hutan agar tidak terjadi pemanasan global.

"Kearifan lokal merupakan rantai yang terputus saat ini, inilah peran LSM mengembalikan kearifan tersebut untuk menjaga kelestarian hutan," ujarnya.

Pemerintah juga tidak hanya diam, semuanya harus mengambil peran masing-masing, pemerintah, masyarakat dan LSM harus sejalan dalam menjaga kearifan lokal.

"Sekarang ini banyak rusak kearifan lokal, masyarakat lokal dimanfaatkan untuk indsutrial, tanpa memikirkan kelestarian lingkungan, namun saat ini beberapa perusahaan besar sudah ada yang mau memulai kelestarian ini, semoga ini perubahan besar dalam menjaga hutan," katanya

Hutan sangatlah penting dijaga, selain mendapatkan nilai ekonomi bagi masyarakat lokal, hutan juga bisa dinikmati oleh masyarakat dunia dengan sehatnya udara yang dihasilan dari hutan tersebut. (red/okz)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau