CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Gafatar Dumai Cek Kesehatan Gratis

Minggu, November 17, 2013

Cek kesehatan didominasi oleh para lansia
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Pemeriksaan Kesehatan gratis yang dilakukan Gerakan fajar Nusantara (Gafatar) Dumai di desa Gurun Panjang, Kelurahan Bukit Kapur mendapat sambutan hangat dari masyarakat, “Animo warga untuk memeriksakan kesehatan, terutama tekanan darah (hipertensi) dan gula darah cukup banyak,” ungkap Sykuri, Ketua DPK Gafatar Dumai, disela acara yang dilaksanakan di kantor Posyandu setempat, Minggu (17/11/13).

Menurut Syukri, kegiatan baksos ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh DPK Dumai di Desa Gurun Panjang, yakni pada bulan Januari 2013 dengan melaksanakan cek kesehatan yang sama, dan pada bulan Oktober lalu baksos gotong royong bersama warga, sedangkan pelayanan cek kesehatan Gratis yang dilaksanakan Hari Ini, Minggu (17/11/13) difokukan pada pemeriksaan Gula Darah, kolesterol dan asam urat, serta Diabetes.

Sebanyak lebih kurang 50 warga terdiri dari lansia yang rata-rata berusia 40 tahun ke atas, antusias menunggu giliran yang dimulai sejak pagi hari pada pukul 09.00 WIB.` Salah satu peserta ibu Suryani (56), mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan baksos yang ditaja oleh Gafatar DPK Dumai, dia mengaku pemeriksaan ini penting baginya sebelum berobat di puskesmas maupun rumah sakit.

"Sukurlah setelah melaksanakan cek tadi, saya mengerti apa yang menjadi keluhan saya selama ini, tinggal nantinya melanjutkan untuk membeli obat di Puskesmas terdekat," kata Ibu Suryani saat berbincang dengan RiauGreen.com usai pemeriksaan.

Pemeriksaan dan cek kesehatan gratis merupakan salah satu program BIDKES (Bidang kesehatan) yang ada di Gafatar, disamping melayani warga gafatar yang secara rutin diperiksa setiap bulannya, Gafatar juga memberikan kontribusi berupa pelayanan kesehatan kepada masyarakat demi baktinya pada bangsa dan negara yang sudah tercantum dalam visi dan misi gafatar.

"Memang benar ini adalah salah satu program Bidkes yang ada di Gafatar, dan derma bakti kami untuk melayani masyarakat, dengan dibantu dua orang Bidan dari Puskesmas setempat, acara ini berjalan tanpa hambatan," ujar Syukri.

Bidan Weti, salah satu bidan yang turut membantu acara pemeriksaan layanan kesehatan gratis sangat mengapresiasi program yang diadakan oleh Gafatar, sehingga dirinya secara sukarela ikut berpartisipasi membantu warga desa gurun panjang yang memang jarang tersentuh oleh program pembangunan pemerintah ini.

"Sangat mendukung sekali mas, kalau bisa acara seperti ini kedepan dilaksanakan pada siang harinya, karena pada pagi hari warga disini kebanyakan pergi ke kebun," demikian bidan Weti. (erw)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau