CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Jelang Idhul Adha, Harga Daging Sapi di Dumai Belum Naik

Selasa, Oktober 01, 2013

DUMAI, RIAUGREEN.COM - Lima belas hari menjelang lebaran Idul Adha tiba, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kota Dumai belum mengalami kenaikan. Seperti di pasar Dock Yard, harga daging sapi masih tetap seperti biasanya, yakni Rp 95.000 per kilonya, Selasa (30/9).

Sama halnya dengan pasar Dock Yard, pasar Jaya Mukti, harga daging sapi sampai saat ini belum mengalami kenaikan, harganya masih tetap sama dengan harga sebelumnya, yakni Rp.95.000 per kilonya. Diperkirakan kenaikan harga daging sapi akan terjadi seminggu menjelang Idul Adha tiba.

Seperti yang diungkapkan Eras, pedagang daging sapi di pasar jaya mukti, “Untuk saat ini harga daging sapi masih stabil, dan pembelinya juga masih lumayan. Tapi seminggu menjelang Idul Adha nanti, besar kemungkinan pembeli daging sapi ini akan sepi, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli daging ayam ketimbang daging sapi,” ungkapnya.

Berbeda dengan pedagang lainnya, Desi, ia mengatakan saat ini pembeli daging sapi begitu sepi, "Yang membeli daging sapi dagangan saya ini hanya penjual bakso dan nasi ampera, selain itu ya adalah satu atau dua orang yang membeli,” katanya.

Menurut salah satu pembeli di pasar Jaya Mukti, mengatakan akibat mahalnya daging di pasaran, ibu rumah tangga lebih memilih membeli daging ayam dari pada membeli daging sapi.

“Daripada beli daging sapi, mending saya beli daging ayam saja, harganya relatif murah, dan dapat dijangkau oleh pembeli yang kurang mampu. Selain itu, uang sisa membeli ayam tadi, dapat saya pergunakan untuk membeli keperluan lainnya, seperti cabe, bawang, tomat dan lainnya,” ujar Masitah, salah seorang pembeli.

Penjual daging ayam mengaku, ayam dagangan yang di jualnya laku terjual, semenjak harga daging sapi Rp.95.000 per kilonya. Banyak para pelanggan daging sapi beralih ke daging ayam, hal itu dikarenakan harga daging ayam jauh lebih murah dibandingkan dengan daging sapi. Meskipun harga daging ayam kini Rp.25.000 hingga 28.000 per kilonya, namun itu masih terbilang murah dibandingkan dengan daging sapi.

Sementara harga cabe, yang sebelumnya Rp.23.000 hingga 24.000, kini naik menjadi Rp.27.000 per kilonya.

Kenaikan harga sembako, seperti daging sapi, daging ayam, dan cabe selalu mengalami kenaikan, apalagi disaat hari–hari besar tiba. Seperti Idul fitri, Idul Adha, Natal dan lainnya. Pembeli berharap, setelah lebaran Idul Adha nanti, harga daging kembali normal seperti biasanya. (r1/gta)




0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau