CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

LAMR Ikut Partisipasi Restorasi Ekosistem Riau

Rabu, September 25, 2013

Al Azhar
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau akan mengambil peran aktif dalam program Restorasi Ekosistem Riau. Salah satu langkahnya yang dilakukan yakni membentuk tim adhoc (khusus) guna membantu merumuskan pengelolaan Restorasi Ekosistem Riau di hutan rawa gambut Semenanjung Kampar, Kabupaten Pelalawan.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Al Azhar dalam dialog Restorasi Ekosistem dalam Pandangan Adat dan Budaya Melayu di Pekanbaru, Rabu (25/9), mengatakan pihaknya memilih terlibat aktif dalam persoalan pengelolaan hutan agar pemanfaatannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan hanya pasif menunggu.

"Karena selama ini Riau bersikap pasif, membuat masyarakat tidak mendapat apa-apa dari sumber daya alam yang dieksploitasi," ujarnya. Ia menambahkan, semangat yang harus diperjuangkan dalam restorasi ekosistem, masyarakat sebagai aktor utama dalam sistem pengelolaan hutan.

Tim adhoc yang akan dibentuk inilah, lanjut Al Azhar, yang merumuskan keterlibatan aktif masyarakat mengelola hutan bersama PT Gemilang Cipta Nusantara (GCN), selaku pemegang izin kawasan RER sekitar 20.265 hektare di kawasan Semenjung Kampar.

"Tim adhoc ini yang nantinya akan menggali, terus berdialog dan mengawal perumusan pengelolaan untuk mengisi peluang keterlibatan masyarakat yang lebih besar dan maksimal," ungkapnya.

Program RER merupakan model kerja sama dengan para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat, dalam mengelola hutan secara lestari. Program ini mengikutsertakan beberapa mitra, termasuk Fauna & Flora International (FFI), Daemeter, APRIL dan Bidara. (r1/bh)





0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau