CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Menhut Serahkan Sertifikat HTR Untuk 2700 KK di Kec Bukit Batu Bengkalis

Senin, Juli 29, 2013

Mentri Kehutanan Zulkifli Hasan menyerahkan Sertifikat Hutan Tanaman Rakyat (HTR) kepada 2700 Kepala Keluarga di Bengkalis
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Zulkifli Hasan dalam kunjungannya ke Bengkalis memberikan Sertifikat Hutan Tanaman Rakyat (HTR) kepada 2700 Kepala Keluarga , Senin (29/7/13) di Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu.

“Untuk diketahui Kabupaten Bengkalis mendapatkan porsi paling besar sekitar 15 ribu hektar lahan yang akan diberikan untuk 2700 KK di dua Kecamatan dan hal ini menunjukan Pemerintah komitmen membantu masyarakat dalam mengelola lahan yang ada dengan memilki sertifikat yang sah,” kata Menhut dalam sambutannya.

Dengan adanya sertfikat tersebut kata Zulkifli HAsan tentu akan berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat , namun dalam hal ini Pemerintah tidak menginginkan pertemubuhan ekonomi saja tetapi masyarakat tersebut juga harus makmur dan merasa manfaat dari lahan yang diberikan tersebut.

“Jadi lahan yang diberikan ini harus dijaga dengan baik dan jangan ada lagi masyarakaty ang membakar lahan dalam membuka lahan perkebunan, saat ini akan menindak tegas pelaku apa bila terbukti melakukan pembakaran lahan,” tegas menhut.

Sementara itu Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh dalam sambutannya mengatakan bahwa sertifikat Hutan Tanaman Rakyat (HTR) yang diberikan sudah lama dinantikan oleh seluruh lapisan masyarakat dan kawasan yang diusulkan merupakan lahan yang belum dikelola dengan baik dan sangat berisiko saat musim panas.

“Kita harapkan kepada masyarakat yang menerima sertifikat HTR agar bisa mengelola lahan tersebut dengan baik dan hal ini juga dilakukan untuk mengurangi perambahan hutan dan menjaga kelestarian cagar biosfer,” kata Bupati.

Selain itu Bupati juga meminta kepada Menhut agar mencarikan dan memberikan kewenangan terhadap daerah dalam memberikan izin terhadap bahan baku kayu dan papan yang digunakan untuk pembangunan dengan harga terjangkau.

“Kami minta kepada Pemerintah untuk bisa memberikan solusi dengan memberikan keweangan daerah dalam mengeluarkan izin terhadap bahan baku kayu untuk pembangunan,” pinta herliyan.

Selain itu Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Menhut yang telah memberikan izin terhadap pelepasan kawasan hutan untuk pembanguna empat ruas jalan di Kabupaten Bengkalis dan juga dilokasi acara berlangsung akan dibangun Kawasan Industri Buruk Bakul yang perencanaannya sudah dimulai pada tahun yang lalu.

Sementara itu Wakil Gubernur Riau HR. mambang Mit menilai dengan adanya pemberian sertifikat HTR ini kepada masyarakat terutama yang ada didaerah pinggiran tentu akan bisa bermanfaat , selain itu lahan tersebut hendaknya diolah dan digunakan usebaik-baiknya dengan menjaga kelestarian hutan .

“Saat ini angka pertumbuhan ekonomi di riau baru mencapai 7,8 pertahunnya dan masih dibawah standar nasional, begitu juga sector lainnya terutama angka kemiskinan, dengan adanya penyaluran sertifikat HTR ini bisa merasakan manfaatnya,” harap Wagub.

Selain dilaksanakan penyerahan secara simbolis sertfikat HTR dari Mentri Kehutanan RI Zulkifli Hasan kepada Bupati Bengkalis, juga dilaksanakan penyerahan bangunan SMK 6 lokal di desa Titi Akar Kecamatan Rupat oleh Dirut PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) kepada Bupati Bengkalis dan dilanjutkan penyerahan bantuan bibit dan bansos kepada kelompok tani oleh mentri.


Dalam acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Bengkalis, H. Suayatno, Ketua DPRD Bengkalis Jamal Abdilah, Dandim Bengkalis, Kepala SKPD, KAdes dan ribuan masyarakat penerima sertifikat dan bantuan sembako gratis. (d'ari)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau