CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

BLH Riau Pasang Tiga Alat Monitoring ISPU Untuk Pantau Kualitas Udara Kab Siak

Senin, Februari 17, 2014

ISPU.Net
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Badan Lingkungan Hidup Provinsi Riau mulai melakukan uji coba tiga alat monitoring Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) baru yang bisa mendeteksi polusi udara akibat tercemar asap sisa kebakaran lahan dan hutan.

Tiga alat ISPU itu terletak di Kabupaten Siak. Masing-masing di Kota Siak, Perawang Kecamatan Tualang, dan di Kecamatan Kandis.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau, Kasiarudin menyebut, alat tersebut bisa mengukur kualitas udara hingga partikel debu (PM 10) yang bisa terkandung di asap sisa kebakaran lahan gambut. 

"Alat tersebut membuat pemerintah bisa mengetahui dengan cepat (real time) kondisi udara pada waktu yang diinginkan," katanya.

Hanya saja, ia mengatakan penggunaan alat tersebut masih terkendala dengan pasokan listrik. "Kami masih berkoordinasi dengan PLN agar mendapat aliran listrik yang memadai," ujarnya.

Kasiarudin mengatakan alat tersebut dianggarkan pemerintah daerah pada tahun lalu, namun hanya bisa di tiga daerah karena harganya yang cukup mahal. Ia berharap pemerintah daerah di kabupaten/kota bisa ikut membantu menganggarkan secara swadaya di daerah masing-masing.

Alat tersebut akan sangat berguna untuk pemantauan awal ketika terjadi kebakaran lahan sehingga pemerintah bisa segera melakukan langkah pencegahan agar kondisi tak memburuk. Hanya saja, dari 12 kabupaten/kota di Riau baru empat daerah yang memiliki alat monitoring ISPU.

"Bahkan, untuk pemantauan udara di Kota Dumai dan Duri, Kabupaten Bengkalis, kita masih bergantung pada alat ISPU milik perusahaan swasta," katanya. (Rby/Kk)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau