CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Telan 1 Korban, Diskes Bengkalis Antisipasi Bahaya DBD

Jumat, Juni 06, 2014

Kadis Kesehatan, M. Sukri
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Demam Berdarah Denggi (DBD) yang sudah menelan korban di Bengkalis membuat pihak Dinas Kesehatan Bengkalis langsung mengambil langkah- langkah pencegahan. Langkah pencegahan yang diambil pihak Diskes Bengkalis ini yakni dengan melakukan penyemprotan atau Pogging terhadap nyamuk Aides Aigefti.

Setidaknya ada 5 lokasi yang sudah dilakukan penyemprotan oleh Diskes Bengkalis untuk mencegah tersebarnya Virus DBD yang disebabkan oleh nyamuk, diantaranya, Kelurahan Kota Bengkalis, Rimbas kampung, desa senggoro, sebauk dan Bantan. Selain itu, Pihak Diskes juga melakukan pengumuman keliling dengan menggunakan pengeras suara terkait dengan bahaya DBD.

Saat ditemui, Jum'at (6/6/2014) Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis M. Sukri melalui Kabid Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Lingkungan, Irawadi, menyampaikan, dari hasil pantauan Diskes Bengkalis di 8 kecamatan di Kabupaten Bengkalis terdapat 71 kasus DBD. Khusus di kec. Bengkalis ada 18 kasus.

“Tentunya langkah-langkah pencegahan sebagai bentuk antisipasi pertama kita yakni dengan melakukan penyemprotan pengasapan dibeberapa titik, kemudian kita juga melayangkan surat ke Dinas Perhubungan agar segera mengumumkan terkait DBD ini kemasyarakat agar masyarakat bisa mengambil langkah- langkah pencegahan,” katanya.

Dilanjutkannya, ia menyarankan memasuki musim penghujan ini agar masyarakat bisa melakukan pencegahan- pencegahan dini terhadap berkembang biaknya nyamuk Aides yang bisa menyebabkan terjadi Demam berdarah, seperti menutup air tampungan (air hujan) agar tidak berdakung, membakar atau menanam bekas- bekas minuman yang dimusim hujan ini terdapat air yang bisa membuat nyamuk berkembang biak.

”Selain itu kami juga menyarankan agar masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan,”saran Irawadi.

Kepada orangtua yang memiliki anak-anak yang bersekolah di tingkat SD irawadi juga menyarankan, agar orangtua di pagi hari mengoleskan obat anti nyamuk oles kepada anak, seperti dibagian tangan dan kaki. (RN)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau