CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Masih Virgin, Danau Zamrud Riau Miliki Cadangan Minyak 50 Juta Barel

Senin, Mei 12, 2014

Danau Zamrud. (foto:l6)
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kawasan Zamrud memiliki beberapa sumur. Jumlah sumur aktif berproduksi mencapai 176 sumur, sumur Enhanced Oil Recovery (EOR) dan Non EOR sebanyak 67 sumur, dan sumur tidak aktif tercatat 56 sumur. Total sumur di area konservasi tersebut sebanyak 299 sumur dari 698 sumur di tiga wilayah kerja BOB.

Dari data BOB BSP, sumur-sumur di Area Zamrud memproduksi minyak 6.000 barel per hari dari produksi kotor 170 ribu barel per hari dengan kadar air 96%. Produksi air dalam sumur itu mencapai 164 ribu barel air setiap hari.

Menurut Tim Manager Zamrud dan West Area BOB BSP-Pertamina Hulu, Wiratmo Yuwono, manajemen sedang mengincar sumur minyak di Danau Zamrud tak jauh dari lokasi penambangan yang telah ada.

"Hasil kajian sistemik, di danau itu ada sumber daya minyak mencapai 50 juta barel. Jika ini berhasil kami eksplorasi, bisa menambah jumlah produksi minyak yang saat ini sebanyak 15.500 barel per hari," terangnya.

Namun sayang, perseroan nampaknya masih harus berjuang keras karena terkendala izin eksplorasi pada kawasan konversi hutan lindung dan suaka.

"Padahal saat sumur dikelola Chevron 1975, Zamrud Area bukan kawasan konservasi tapi mulai beralih pada 1999. Nah pas kami kelola di 2002, lahan itu sudah masuk konservasi, jadi kita susah nggak bisa nambah lahan lagi," tandas Wiratmo. (red/l6)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau