CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Diskes dan Pelindo Siaga Antisipasi Masuknya Virus MERS-COV ke Dumai

Kamis, Mei 08, 2014

Aktivitas di Pelabuhan Dumai
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) kota Dumai, siap bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat guna mewaspadai masuknya virus MERS CoV di pelabuhan penumpang internasional Pelindo.

Kepala Dinkes Dumai Marjoko Santoso mengatakan, kerjasama akan dilakukan apabila petugas KKP ada mendeteksi penumpang diduga terserang virus yang berasal dari negara Timur Tengah tersebut.

"Diwaspadai masuknya virus ini dari pelabuhan, karena itu kita siap berkordinasi dengan petugas kesehatan pelabuhan untuk diberikan penanganan medis," kata Marjoko, Kamis (8/5/14).

Secara teknis pengawasan manusia yang masuk di pelabuhan penumpang internasional Pelindo Dumai adalah petugas KKP, dan pihaknya akan menangani sesuai prosedur tindakan yang berlaku.

"Jika ada ditemukan, kita akan segera evakuasi korban dan mensurvei riwayat keluarga dan orang terdekat di lingkungannya agar mata rantai penularan virus ini putus dan tidak meluas," terangnya.

Dia menyebutkan, maraknya kekuatiran banyak pihak terhadap masuknya wabah yang belum ada obat atau vaksin yang tepat ini telah diantisipasi dengan mengintruksikan jajaran kesehatan di seluruh pusat pelayanan medis.

"Dinkes telah instruksikan jajaran petugas pelayan medis untuk mengawasi penyebaran virus MERS-Cov ke daerah ini dan juga lakukan sosialisasi ke tengah masyarakat," ujarnya.

Dia mengaku, dalam waktu dekat akan mengeluarkan imbauan kepada petugas medis dan seluruh masyarakat agar menjaga kesehatan dan mengawasi peredaran virus ini di tengah lingkungan sekitar.

"Virus ini berpotensi dibawa oleh orang yang dalam perjalanan dari tanah arab, namun kita tetap mengantisipasinya dengan sosialisasi dan mengimbau seluruh warga agar berhati-hati," ungkapnya.

Humas PT Pelindo Dumai Harlem Susanto menyatakan, pihaknya juga sudah siaga dalam mengantisipasi masuknya virus MERS-COV ini dengan kordinasi bersama instansi terkait di kepelabuhanan, seperti Imigrasi, KSOP dan KKP.

"Pelindo sebagai penyedia jasa telah mengantisipasi dengan berkoordinasi bersama instansi terkait, namun teknisnya mereka yang bisa jelaskan," sebutnya. (red)




0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau