CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Tangani Api, Sikorsky Rusia dan 1.500 Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Sabtu, Maret 01, 2014

foto : ant/mtn
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Sebanyak 1.500 orang dikerahkan untuk memadamkan api di 70 lokasi kebakaran yang tersebar di Riau. Banyaknya orang ini mengingat luasnya wilayah kebakaran yang mencapai 6.000 hektare.

Seribuan orang itu merupakan personel dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Riau, dan Masyarakat Peduli Api.

"Luas wilayah yang terbakar, akses yang sulit dan terbatasnya air menyebabkan pemadaman sulit dilakukan," tulis Kepala Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui surat elektronik yang diterima Metrotvnews.com, Jakarta, Sabtu (1/3).

Saat ini, tim satgas darat telah berhasil memadamkan 46 titik api. Manggala Agni yang beroperasi di Desa Lubuk Kembang Bungo, Rengat dan Siak juga telah berhasil memadamkan api di lahan 76 hektare tersebut.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah meminta percepatan water bombing (pemadaman dengan mengguyurkan air dari helikopter) dan modifikasi cuaca untuk memadamkan kebakaran lahan melalui udara.

"Saat ini helikopter Sikorsky buatan Rusia masih di Malaysia. Diharapkan Senin (3/3) sudah bisa dioperasikan di Riau. Selain itu, TMC juga mempersiapkan dan mobilisasi alat. Senin (3/3) pesawat Cassa 212 sudah berada di Riau untuk TMC. Kemenhub juga telah membantu administrasi perijinan udara," ucap Syamsul. (red/mtn)




0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau