CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Kebakaran Lahan Riau Tak Kunjung Padam, Bahkan Terus Meningkat

Jumat, Maret 28, 2014

Kabut asap tebal menyelimuti Kota Dumai
pagi hari, Jumaat (28/03/14). 
(foto RiauGreen.com)
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kebakaran hutan dan lahan di Riau dalam sepekan ini masih membara dan terpantau terdapat penambahan Hotspot di beberapa titik. BNPB menginstruksikan TNI agar melakukan patroli malam di lokasi-lokasi yang rawan terbakar.

"Hotspot akibat pembakaran lahan dan hutan di Riau terus meningkat. Jika pada Rabu (26/3) hotspot dari satelit NOAA hanya 68 titik pada hari ini meningkat menjadi 173 titik," Kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilis yang diterima, Kamis (27/3/2014).

Peningkatan dan sebaran hotspot tersebut disebabkan 2 hal. Pertama, karena api lama tumbuh besar lagi yang berasal dari gambut dan kedua lahan dan hutan tersebut memang dibakar lagi. Akibatnya kabut tipis kembali menutupi beberapa wilayah dengan jarak pandang hanya 5-8 km di beberapa daerah di Riau.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, selaku Dansatops Pengendalian Api dan Asap memerintahkan operasi diintensifkan. Patroli malam dilakukan TNI di lokasi-lokasi rawan kebakaran agar tidak dibakar lagi, sebanyak 2.856 personel satgas darat masih memadamkan titik api.

Sampai saat ini 2 titik api dan 20 titik asap berhasil dipadamkan. Helikopter telah melakukan water bombing 284 kali, Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) telah melakukan penyemaian awan sebanyak 5 ton dengan pesawat Hercules dan Cassa. (red/dtc)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau