CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Dinilai Aman, Pertamina Dumai Tolak Relokasi Rumah Sekitar Lokasi

Rabu, Maret 19, 2014

DUMAI, RIAUGREEN.COM - Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pertamina RU II Dumai akhirnya memberikan jawaban atas tuntutan warga yang tinggal disekitaran operasional kilang minyak. Jawabannya sangat menyecewakan. Pertamina menolak tuntutan warga agar rumahnya direlokasi ke tempat yang aman.

Adapun butiran poin penolakan yang disampaikan GM Pertamina RU II Dumai, Nyoman Sukadana sesuai keputusan Pertamina Pusat tentang aspirasi masyarakat di Tanjung Palas dan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur sebagai berikut:

Pertama (1) Pembangunan Kilang pada Tahun 1982 sudah dilengkapi dokumen AMDAL dari Kementerian Lingkungan Hidup. Kedua (2) Dokumen RPL (Rencana Pengelolaan Lingkungan) dan PRL (Rencana Pemantauan Lingkungan) telah mendapat persetujuan dari Komisi Pusat AMDAL Departemen Pertambangan dan Energi Tahun 1995.

Ketiga (3) Jarak aman peralatan kilang adalah jarak batas antara peralatan kilang terhadap pemukiman warga dengan mempertimbangkan potensi bebas bahan kimia, topografis, dinilai masih memenuhi jarak aman dengan masyarakat Tanjung Palas.

Keempat (4) Semua peralatan masih memenuhi standar dan layak dioperasionalkan. Kelima (5) Hasil pemantauan lingkungan telah memenuhi baku mutu lingkungan (BML). Keenam (6) berdasarkan beberapa penjelasan diatas tidak cukup alasan untuk memindahkan warga sekitar.

Dikatakan GM Pertamina RU II Dumai, bahwa selama ini pihak Pertamina Dumai tetap komitmen untuk membantu mensejahterakan masyarakat melalui program CSR baik dibidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan penghijauan.

"Sebagai bentuk kepedulian kami, Pertamina RU II Dumai mempunyai otorisasi yang siap membantu masyarakat melalui program CSR, seperti pembangunan gedung serba guna, pembangunan ruang sekolah, pemberian modal usaha, pengaspalan Jalan Parit Paman, dan juga sedang kami rencanakan pembangunan poliklinik, agar lebih dekat melayani masyarakat," ujarnya mengakhiri.

Apa yang disampaikan GM Pertamina RU II Dumai tersebut tertuang dalam rapat, Rabu (19/3/14) bertempat di Ruang Rapat Anggrek Perkantoran Pertamina RU II Dumai berlangsung pertemuan antara Manajemen Pertamina RU II Dumai dengan tokoh masyarakat Kelurahan Tanjung Palas dan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur.

Agenda pertemuan atau rapat koordinasi secara langsung dipimpin langsung Kepala Polsek Dumai Timur, Kompol Bayu Wicaksono, yang didaulat sebagai moderator oleh pihak Pertamina RU II Kota Dumai.

Turut hadir dalam kesempatan itu Walikota Khairul Anwar, Kapolres Dumai, AKBP Yudi Kurniawan, dan Waka Polres Dumai, Kompol Hardian, Ketua Komisi I DPRD Dumai, Timo Kipda, Kepala Seksi Satuan Bangsa dan Pertahanan Kesbangpol, Harnando. (red)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau