CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Cagar Biosfer Tesso Nilo Sengaja Dibakar

Sabtu, Maret 01, 2014

Pondok pembakar lahan
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) mengatakan kebakaran lahan Taman Nasional Tesso Nello, Riau, sengaja dibakar oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab. Tim di lapangan yang juga merupakan kumpulan dari sejumlah organisasi dan instansi menemukan pondok-pondok yang dibangun oleh pembakar.

"Beberapa koordinat lokasi kebakaran juga terdapat di perkebunan," tulis Kepala Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui surat elektronik yang diterima, Sabtu (1/3).

Masyarakat Peduli Api telah dikerahkan untuk pemadaman di Cagar Biosfer, Taman Nasional Tesso Nello di beberapa titik api yang tersebar di taman nasional tersebut.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, mengungkapkan 99 persen penyebab bencana asap adalah dibakar. "Artinya ada pelaku yang membakar lahan dan hutan. Jika tidak ditindak, maka akan berulang terus. Apalagi jika daerahnya gambut seperti di Riau yang ketebalannya hingga 10 meter, maka akan menyebabkan sulit untuk memadamkan," ucap Syamsul.

Saat ini Polri dan PPNS Kemenhut, KLH dan Kementan telah melakukan penyidikan sebanyak 31 kasus dan telah menetapkan 26 tersangka.

"Banyak faktor yang melatarbelakangi invidu atau kelompok membakar lahan dan hutan seperti ekonomi, sosial dan budaya," ujar Sutopo. (red/mtn)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau