CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

BLH Meranti Pastikan Limbah Sagu Bukan Zat Kimia

Sabtu, Oktober 19, 2013

MERANTI, RIAUGREEN.COM - Limbah dari kilang sagu yang dibuang ke laut atau muara oleh pemilik memang terbukti mencemari lingkungan. Meski begitu limbah tersebut bukan merupakan zat kimia yang mematikan namun zat nabati. Demikian ditegaskan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kepulauan Meranti, Drs Irmansyah MSi kepada wartawan, baru-baru ini.


Menurut Irmansyah pencemaran yang dilakukan hampir seluruhnya dilakukan pemilik kilang sagu di wilayah Kepulauan Meranti. Meski begitu tetap saja ada beberapa kilang sagu yang sudah mengelola limbahnya sehingga tidak mencemari lingkungan lagi. Idealnya, setiap kilang sagu harus membuat bak penampung limbah.

‘’Zat terkandung di dalam limbah sagu merupakan zat nabati jadi jika diendapkan dulu tidak akan merusak lingkungan. Makanya seluruh kilang harus membuat bak penampung,’’ katanya. Irmansyah menambahkan limbah sagu tersebut sebenarnya masih bisa diolah menjadi pakan ternak dan lainnya, sehingga terbuka peluang pemanfaatan limbah sagu ini oleh pihak ketiga.

Untuk penertiban dan penindakan sendiri Kepala BLH Kepulauan Meranti itu mengakui belum bisa dilakukan. Oleh sebab itu pada tahun 2014 nanti BLH baru akan membentuk tim pembinaan yang bertugas melakukan sosialisasi dampak lingkungan dari limbah sagu. Kemudian di tahun 2015 mendatang, kata Irman baru dilakukan penindakan kepada pengusaha kilang sagu yang masih membandel. (etc)





0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau