CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Perpekan, Hampir 3 Ton Sawi Riau di Ekspor Ke Singapura

Rabu, September 04, 2013

Sawi (foto:net)
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kabar baik untuk petani sawi di Riau, Ibnu Mas'ud, Direktur Utama PT Agro Damai Sejahtera, Rabu, (4/9/13) mengatakan dalam seminggu pihaknya mampu mengekspor hampir tiga ton sayur sawi China berdaun lebar ke Singapura. "Ini ikhtiar kami sesuai dengan perintah presiden untuk meningkatkan ekspor," ujarnya.

Hasil pertanian sayur dari Pekanbaru, Riau berhasil menembus pasar ekspor Singapura. Dalam sepekan, petani Pekanbaru mampu mengekspor 3 ton sayur ke Singapura.

Ekspor sayur ini diakui Ibnu baru dimulai dua pekan lalu. Pihaknya baru dua kali mengeskpor sayur ke Singapura. Sesuai dengan perjanjian dengan Singapura, pihaknya berkewajiban mengirimkan dua kali pengiriman dalam sepekan setiap Rabu dan Jumat.

Pada ekspor pertama pekan lalu, pihaknya mengirim 1,1 ton sayur sawi. Sementara pengiriman kedua, pihaknya mengeskpor 1,75 ton sayur. "Hari ini kita kirim 1,5 ton, begitupun dengan Jumat lusa juga 1,5 ton," ujar Ibnu.

Dikemas

Pihaknya dalam eskpor ini bertindak sebagai pembeli sayur dari para petani di Pekanbaru. "Sayur tersebut kemudian kami sortir dan dikemas sesuai dengan permintaan pihak Singapura," ungkapnya.

Upaya ekspor ini juga sangat membantu perekonomian petani. Pihaknya membeli sawi dari petani seharga Rp4 ribu per kilogram. Padahal petani biasanya menjual ke pedagang pengepul seharga Rp2 ribu perkilogram. (mtn)




0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau