CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Asyiknya Menikmati Sun Set di Gua Hercules, Maroko

Jumat, Mei 31, 2013

Saat Senja didalam Gua hercules
Penulis: Muannif Ridwan (Mahasiswa Jurusan Islamic Studies di Univ. Imam Nafie, Tanger-Maroko)

MAROKO, RIAUGREEN.COM - Kota Tanger adalah salah satu kota pariwisata terbesar di Maroko, setelah Marakech dan Casablanca. Salah satu obyek wisata paling menarik di kota ini adalah gua Hercules. Gua ini merupakan gua terbesar di Afrika. Bagi wisatawan Indonesia, memang gua ini belum terlalu popular, karena minimnya media Indonesia yang berhasil mengeksposenya, mungkin dikarenakan jauhnya jarak Maroko-indonesia. Tapi lain halnya bagi wisatawan eropa yang berekreasi ke Maroko, gua ini menjadi tujuan utama bagi mereka. 


Gua ini letaknya di atas pantai yang menjorok ke samudra atlantik, tepatnya diujung daratan selatan Maroko. Sebagian ruangan dalam gua ini berada di perut bumi. Gua ini mempunyai dua mulut, terdiri dari mulut gua yang besar sebagai keluar-masuk para pengunjung. Sementara satu mulut gua lagi terbuka mengarah ke laut lepas atau samudera atlantik. Dari dalam mulut gua ini pengunjung bisa melihat keindahan samudera atlantik yang begitu luas, bahkan jika sore hari tiba pengunjung bisa juga menyaksikan sun set dari dalam gua dengan ditemani suara gemuruh ombak yang menghantam dinding gua.
Pintu masuk menuju mulut gua

Hantaman ombak yang besar itu sesekali airnya menggenangi sebagian mulut gua, menjadikan pemandangan yang sangat mengesankan dan membuat ingin terus berlama-lama di dalam gua. Ada keunikan khusus dalam pintu yang mengarah ke samudera atlantik ini, jika di dilihat dari dalam gua, maka pintu ini berbentuk persis seperti wajah manusia yang sangat besar. Barang kali inilah yang menjadi alasan masyarakat setempat menamai gua ini dengan sebutan gua Hercules.

Mulut Gua Hercules yang berbentuk wajah manusia

Gua ini, semenjak dibuka untuk umum pada tahun 1906 tidak pernah sepi dari para wisatawan, terutama yang datang dari eropa seperti Spanyol dan Perancis. Saat ini, Gua Hercules ini menjadi ikon wisata paling menarik di kota kelahiran sang petualang legendaris Ibnu bathutoh ini. Karena selain hanya mengunjungi gua, para pengunjung juga bisa membeli berbagai oleh-oleh berupa perhiasan menarik khas Maroko, seperti batu ukiran dengan berbagai macam bentuknya yang dijual oleh pedagang kaki lima di sekitar pintu masuk ke dalam gua dan bahkan ada juga yang berjualan di dalam perut gua. Di dalam perut gua ini juga terdapat penyewaan baju tradisional menarik khas Maroko yang dilengkapi dengan senjatanya. Anda bisa bisa menggunakannya untuk berfoto-foto. 


Suasana saat sepi di dalam Gia Hercules

Bagi para pengunjung hanya dipungut biaya sebesar lima dirham (Rp.6.500). setelah itu mereka bisa masuk ke dalam perut gua sepuasnya. Bahkan seharian penuh pun tidak dilarang. Saat lelah setelah menikmati indahnya pemandangan samudera dari dalam perut gua, para Pengunjung juga bisa menikmati minuman atay nak-nak(teh khas Maroko) di café yang terdapat pas di samping atas gua. Café ini pun memiliki View menarik yaitu mengarah ke hamparan samudera atlantik yang begitu luas.

Tentu penasaran kan? Nah, Sekedar Informasi, bahwa pemerintah Kerajaan Maroko telah membebaskan Visa bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Maroko, bahkan visa itu bisa berlaku selama 3 bulan. Tentu itu merupakan sebuah bukti betapa erat hubungan diplomatik Indonesia-Maroko yang telah lama dijalin sejak era Bung Karno dan Raja Mohamed V. Selamat berkunjung ke Maroko. (*)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau