CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Meranti Juara 3 Parade Tari Daerah Riau Tahun 2014

Selasa, Juni 24, 2014


PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kabupaten Kepulauan Meranti dinobatkan sebagai penyaji terbaik III pada ajang Parade Tari Daerah Provinsi Riau 2014. Keberhasilan tersebut merupakan yang pertama kalinya diraih utusan dari daerah ini sejak keikutsertaan Meranti pada ajang bergengsi yang berlangsung di Gedung Idrus Tintin Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Pengumuman pemenang itu disampaikan Ketua Dewan Juri yaitu Prof Dr Sri Sastanto, didampingi beberapa juri seperti Iwan Irawan Permadi, Dr Y Soebowo, Drs Isminardi, dan Zulkifli ZA, Sabtu (21/6/2014) malam.

Dalam pengumuman itu Meranti dengan undian 10 meraih poin 390, yang merupakan nomor 3 setelah Kabupaten Kuansing dengan undian 1 berhasil meraih 395 poin, serta pemenang utama Kabupaten Siak dengan undian 6 dan poin 410.

Menanggapi kemenangan ini, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti Drs H Ismail Arsyad MSi kepada wartawan mengatakan, pada Parade Tari Riau tahun ini, tim tari Meranti membawakan tarian yang berjudul Gembire Sri Mahkota.

Ditambahkan Ismail lagi, dalam tarian tersebut dibantu oleh beberapa tim diantaranya penata tari M Shobri, penata musik Zulfandri Amd alias Madroxs, dan penata busana oleh Neneng SPd. Meski hanya mampu meraih sebagai penyaji terbaik III, setidaknya keberhasilan anak-anak Meranti telah mengharumkan nama daerah di ajang bergengsi tersebut.

"Ini prestasi yang cukup membanggakan, karena sejak Meranti ikut dalam Parade Tari Daerah Riau, baru pertama kali meraih gelar. Kami juga berharap kepada tim tari Meranti agar tidak cepat merasa puas dan terus berlatih sehingga kelak dapat meraih posisi pertama dan mewakili Riau di tingkat nasional," kata Ismail, Minggu (23/6/2014).

Hal senada juga disampaikan Shinta Farlina, salah seorang tim tari Meranti saat dihubungi melalui telepon selulernya di Pekanbaru. Dia mengaku sangat senang dengan hasil yang mereka peroleh. Meskipun hanya mendapat predikat sebagai penyaji terbaik III, mereka tetap merasa bangga. Apalagi prestasi tersebut merupakan yang pertama kalinya diraih daerah ini.

"Kami sangat bangga dan berterima kasih sekali kepada Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kepulauan Meranti yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mewakili Meranti pada Parade Tari Daerah Riau 2014," sebut Shinta.

Parade Tari Riau 2014 dilaksanakan selama satu hari di Gedung Idrus Tintin, Sebtu (21/6/2014). Kegiatan tersebut diikuti oleh 12 kabupaten/kota se-Riau. Kegiatan yang dimulai sejak sore hari diadakan dalam dua sesi. Sesi pertama menampilkan lima grup dan sesi kedua enam grup. Sebagai pemegang unidian 10, Meranti tampil begitu apik dengan bahasa gerak, properti, busana dan suasana yang sangat memukau.

Tarian yang berjudul Gembire Sri Mahkota ini menceritakan tentang kehidupan burung puyuh mahkota. Burung ini terdapat hanya di Sumatera dan tepatnya di kabupaten kepulauan meranti. Burung ini hidup bersama, saling tolong menolong satu sama lain untuk mewujudkan kehidupan yang aman dan tentram agar semua yang diwujudkan tercapai. Dalam tarian ini, pijakan etnisnya yaitu zapin karena zapin adalah salah satu pijakan untuk kebudayaan melayu di Riau. (red/grc)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau