CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Dinkes Dumai Surati Travel Umrah Antisipasi Virus MERS

Minggu, Mei 11, 2014

 Marjoko Santoso
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kota Dumai, menyatakan agen umrah yang berada di wilayah tersebut sering mengabaikan berbagai peringatan yang dikeluarkan Dinas Kesehatan setempat dalam memberangkatkan para calon jemaah.

"Agen perjalanan umrah sejauh ini tidak pernah berkordinasi dengan Dinkes untuk pengawasan kesehatan dan ini akan menyulitkan kita untuk mengawasi masuknya virus MERS," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Marjoko Santoso di Dumai, kemarin.

Dia sangat menyayangkan sebagai pihak penyelenggara perjalanan umrah baik swasta maupun yang melalui program pemerintah, tanpa berkordinasi untuk memberangkatkan jemaah ke tanah suci Mekkah.

"Padahal sebelum berangkat beribadah umrah, para jemaah harus diperiksa keadaan kesehatan dan begitu juga ketika pulang. Namun, selama ini kita tidak pernah dilibatkan," terangnya.

Menindaklanjuti maraknya kekuatiran wabah virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV), lanjutnya, pihaknya akan mengeluarkan edaran kepada seluruh travel umrah agar waspada dan mengantisipasi dengan melibatkan petugas kesehatan.

Penyampaian edaran tersebut, sekaligus mengimbau dan mengintruksikan jajaran kesehatan di seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada agar siaga dan mensosialisasikan ke masyarakat luas terkait virus yang diduga berasal dari tanah Arab itu.

Disamping itu, Dinkes Kota Dumai juga siap bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat guna mewaspadai masuknya virus MERS-CoV di pelabuhan penumpang internasional PT Pelindo I Cabang Dumai.

"Diwaspadai masuknya virus ini dari pelabuhan, karena itu kita siap berkordinasi dengan petugas kesehatan pelabuhan untuk diberikan penanganan medis," sebutnya.

Secara teknis pengawasan manusia yang masuk di pelabuhan penumpang internasional PT Pelindo I Cabang Dumai adalah petugas KKP dan pihaknya yang akan menangani sesuai prosedur tindakan yang berlaku.

"Jika ada ditemukan, kita akan segera evakuasi korban dan mensurvei riwayat keluarga dan orang terdekat di lingkungannya agar mata rantai penularan virus ini putus dan tidak meluas," terangnya.

Humas PT Pelindo I Cabang Dumai Harlem Susanto menyatakan, pihaknya juga sudah siaga dalam mengantisipasi masuknya virus MERS-CoV ini dengan kordinasi bersama instansi terkait di kepelabuhanan, seperti Imigrasi, KSOP dan KKP.

"Pelindo sebagai penyedia jasa telah mengantisipasi dengan berkoordinasi bersama instansi terkait, namun teknisnya mereka yang bisa jelaskan," ujarnya.***

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau