CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Poskesdes dan Polindes Kini Sudah Dimiliki Setiap Desa di Bengkalis

Selasa, April 08, 2014

Bupati Heliyan ketika menyerahkan bantuan
mobil Ambulance
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Hampir seluruh desa di Kabupaten Bengkalis, Riau, saat ini telah memiliki Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dan Klinik Desa (Polindes) untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Bagi yang ingin membutuhkan perawatan, terutama sakit-sakit ringan, tidak perlu harus datang ke rumah sakit, tapi cukup datang di pusat kesehatan yang ada di desa," kata Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh, Selasa (8/4/14).

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga telah meningkatkan status sejumlah pukesmas dari rawat jalan menjadi rawat inap.

"Kami juga bertekad akan membangun beberapa Puskesmas dan Pustu sehingga masyarakat bisa dapat terlayani,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemberian bantuan ambulans desa yang sudah dilakukan sejak tahun 2011 lalu juga merupakan bagian dari upaya pemkab meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Herliyan mengatakan, target hingga akhir 2015 mendatang seluruh desa yang ada di Kabupaten Bengkalis telah memiliki ambulans. Selama tiga tahun ini, total ambulans desa yang sudah sebanyak 61 unit.

Program di bidang kesehatan lainnya adalah Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda). Secara keseluruhan program jamkesmasda ini berjalan dengan baik, masyarakat di seluruh pelosok desa di Kabupaten Bengkalis dapat merasakan manfaatnya.

Berkat program Jamkesmasda ini, kata dia, masyarakat Kabupaten Bengkalis baik dari golongan keluarga pra sejahtera maupun kelas menengah keatas dapat menikmati pelayanan kesehatan kelas tiga secara gratis.

"Warga tidak perlu memikirkan tentang biaya perawatan di rumah sakit maupun biaya berobat di Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Daerah Bengkalis dan Mandau. Di samping itu, kita sudah melakukan kerja sama dengan RSUD Dumai, RSUD Siak dan RSUD Pekanbaru,” ujarnya.

Program Jamkesmasda yang dilaksanakan Pemkab Bengkalis, menurut Herliyan, merupakan program prioritas yang harus didukung bersama dan setiap tahun akan terus ditingkatkan.

Hal ini menurut dia mengingat pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan daerah yang dilaksanakan secara berkesinambungan. (red/rh)





0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau