CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Kecamatan Rupat Utara Gelar Penyuluhan Narkoba

Selasa, November 12, 2013

.Camat Rupat  Batu Panjang  Yusrizal
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Camat Rupat Batu Panjang Yusrizal Membuka Penyuluhan pencegahan peredaran/penggunaan minuman keras dan peredaran narkoba yang dilaksanakan di aula kantor kantor Camat Rupat Batu panjang selasa (12/11), dimulai pada pukul 9.00 WIB, Peserta penyuluhan berjumlah 75 orang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda mahasiswa dan siswa SLTA/sederajat.

Kegiatan penyuluhan ini disajikan dalam bentuk paparan dan materi yang disampaikan oleh nara sumber yang terdiri kasat narkoba Polres Bengkalis Akp.Willi Kartamanah,satuan satpol pp Kabupaten Bengkalis H.Tarmizi Ahmad Bc.Hk dan sedangkan dari Kementrian Agama Kabupaten Bengkalis H.Abdul Hamid.

Persoalan narkoba ini semakin lama terus membesar sehingga bisa membahayakan siapa saja. korbannya tidak memandang dari mana asalnya. anak-anak, remaja, politikus, pejabat, pegawai, artis bahkan aparat keamanan bisa saja terjerumus dalam lembah narkoba.

Meskipun upaya penangkapan terhadap pengedar maupun pengguna narkoba terus dilakukan oleh jajaran aparat keamanan, namun barang haram tersebut seolah-olah tidak pernah habis di lingkungan kita.

Perkembangan penyalahgunaan dan peredaran narkoba setiap waktu berkembang cukup pesat baik itu secara kualitas maupun kuantitas. perkembangan narkoba tersebut mengancam masa depan generasi penerus bangsa di indonesia, khususnya kabupaten bengkalis.

Seperti diketahui, bahwa jumlah pencandu narkoba di indonesia hingga saat ini mencapai 4,4 juta jiwa, tentunya angka ini tidak bisa dibiarkan dan butuh penanganan serius dari seluruh elemen negeri ini. dari angka tersebut, saat ini baru sekitar 18 ribu jiwa yang baru ditangani di pusat rehablitasi narkoba.

Yang lebih mengkhawatirkan ternyata negeri ini tidak hanya sebagai lahan peredaran narkoba, namun juga menjadi jaringan produsen atau pabrik narkoba. hal ini terbukti dari pengungkapan sejumlah kasus home industri pembuatan narkoba.

Bahkan yang lebih mencengangkan lagi, lembaga pemasyarakatan (lapas) cipinang tempat yang seharusnya menjadi tempat pembinaan dan pemantauan aparat, ternyata dijadikan pabrik pembuatan ekstasi.

Petugas sempat kecolongan, sehingga jaringan narkoba leluasa memproduksi narkoba. untung saja, akhirnya petugas berhasil membongkar aktivitas pabrik narkoba di lapas cipinang.

kemudian kasus bos dan bandar narkoba yang sudah ditangkap namun tetap leluasa mengatur jaringan peredaeran narkoba dari balik jeruji besi alias penjara.

Meskipun demikian kita tidak boleh pernah menyerah terhadap jaringan narkoba. untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak kita semua untuk bergandeng tangan mengawasi dan mencegah setiap indikasi jaringan narkoba di daerah ini.

Apalagi, kabupaten bengkalis khususnya pulau rupat berada di pintu gerbang dan berbatasan langsung negeri jiran, sehingga sangat rawan masuknya narkoba.

Bahkan tidak hanya berada di kota, namun juga sudah merambah ke seluruh pelosok desa. disamping itu, faktor lingkungan dan pergaulan, menjadi salah satu celah masuknya pengaruh bahaya narkoba bagi anak-anak kita.

Banyak kasus keterlibatan anak dalam narkoba bermula dari masalah keluarga, seperti minimnya komunikasi antara anggota keluarga. jika sekali menggunakan narkoba, akan ketagihan dan sulit menghindarinya. di tangan generasi muda nasib bangsa ini akan dibawa ke mana. kehilangan generasi muda sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa.

Saat ini penyalahgunaan dan peredaran narkoba di kabupaten bengkalis terus meningkat, baik kuantitas maupun kualitasnya, kondisi ini sudah sangat mengkhawatirkan, terutama para remaja dan generasi muda sebagai penerus bangsa, setiap bulan perkembangannya terus bertambah. berdasarkan data yang diperoleh dari polres bengkalis, hingga bulan agustus 2013 jumlah tersangka 195 orang.

Oleh karena itu, di dalam keluarga kita tingkatkan pengetahuan agama kepada anggota keluargn dan hidupkan juga magrib mengaji, sehingga mampu menangkal bahaya narkoba. Narkoba merupakan lingkaran setan memang tak pernah putus jika tak ada yang memutusnya.

Sudah banyak kejadian yang cukup memberikan pelajaran berharga bagi kita tentang waktu muda yang terbuang percuma karena narkoba, say no to drug. (Asr)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau