CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Industri Ramah Lingkungan Dapat Keringanan Suku Bunga

Senin, Juni 03, 2013

Enny Sri Hartati
RIAUGREEN.COM - Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menyatakan, sudah ada Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang instrumen ekonomi yang konsepnya menciptakan pembangunan ekonomi dengan memperhatikan lingkungan.


"Di industri sendiri ada instrumen ekonomi yang menjadikan green financing itu sebagai salah satu bentuk investasi juga," tutur Enny kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Ia menjelaskan, penerapan green financing butuh waktu yang tidak sedikit. Lembaga keuangan juga diminta untuk melakukan pembiayaan yang harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Karena itu, agar semua diuntungkan baik pemerintah maupun regulator yang sedang mengembangkan green financing diharapkan dapat memberikan insentif, dan denda untuk industri yang mau atau tidak memperhatikan lingkungan.

Ia menambahkan, dilihat dari instrumen fiskal dan moneter, BI bisa saja memberikan keringanan seperti suku bunga kepada pelaku usaha yang pro lingkungan, serta kemudahan pembayaran biaya jaminan untuk dunia usaha.

Membangun industri yang berwawasan lingkungan jelas tidak bisa berdiri sendiri. Artinya, pembangunan industri tersebut harus berbasis kebijakan pemerintah secara integral, dalam arti memperhatikan berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan dan kehidupan manusia. (RR/KRM/JC)


0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau