CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Penyuluhan Kehutanan Taja Pemanfaaatan dan Pemberdayaan Hasil Hutan

Rabu, Maret 20, 2013

PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Zainal Arif Syah kepala penyuluhan kehutanan Propinsi Riau membuka bimbingan tekhnis Penyusunan program penyuluhan kehutanan yang bertempat di Pekanbaru Selasa,(18/03/13).

Ditemui riaugreen diruang yang berbeda Zainal Arif Syah mengatakan program penyuluhan ini merupakan sebuah sarana bagi penyuluh untuk melakukan pembinaan di daerah wilayah kerja masing masing penyuluh" ujar Zainal.

 

Saat ini dibeberapa kabupaten telah memiliki program penyuluhan tingkat desa, kecamatan dan kabupaten kota. namun hal itu belum dianggap cukup oleh pihak propinsi. Sehingga penyuluh yang berada di kabupaten kota di propinsi Riau diikut sertakan untuk menyusun program bersama ditingkat propinsi, Sebagai Upaya untuk menanggapi permasalahan yang dihadapi penyuluh di daerah. Terutama menanggapi masalah hutan.
 

Dipropinsi Riau terdapat beberapa kabupaten kota yang saat ini belum memiliki badan pelaksana penyuluh, (BPP) sedangkan kabupaten kota yang telah miliki BPP anatara lain Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Pelalawan dan Bengkalis.

Untuk itu badan penyuluh kehutanan propinsi Riau bertekad dengan adanya bimbingan tekhnis ini maka tahun 2013 disetiap kabupaten kota di Riau akan ada badan pelaksana penyuluhan.Yaitu badan pelaksana penyuluhan sektor pertanian, sektor perikanan dan sektor kehutanan.


Mengacu kepada undang-undang No. 16 tahun 2006 zainal Arif Syah berharap para penyuluh memberikan perhatian penuh terhadap sektor yang dibinanya sehingga memberikan hasil yang mensejahterakan dari apa yang di upayakan masyarakat dari setiap sektor.


Sedangkan dari sektor hutan bagaimana penyuluhan itu mampu mempengaruhi masyarakat sekitarnya untuk dapat memanfaatkan hasil hutan tetapi tidak dengan merusak hutan.

"Saya berharap masyarakat tidak merusak hutan lagi,kita akan berusaha untuk meningkatkan pemberdayaan penyuluhan tingkat desa, bahkan kalo perlu kita bikin nanti penyuluh swadaya juga agar penyuluh swadaya dapat membantu penyuluh lainnya dalam membina sektor hutan ini."papar zainal


Penyuluh PNS yang minim di setiap sektor kita harapkan kedepan bisa melakukan pemberdayaan pada masyarakat dan menambah penyuluh Memanfaatkan hasil hutan tapi tidak merusak hutan. lanjut Zainal lagi (rby)



0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau