CINTA NEGERIKU

RIAU UNTUK INDONESIA

Facebook | Twitter | Advertise

Inilah Alasan Mengapa Menangis Itu Menyehatkan

Sabtu, November 17, 2012


Menangis itu ternyata menyehatkan. Penyebab atau alasan mengapa menangis membuat sehat ternyata berkaitan dengan perasaan lega. University of Minnesota mengungkap penelitian tersebut. Simak ulasan berikut ini.

Rekan saya yang bekerja sebagai Facebook Marketing melakukan terapi menangis untuk mengatasi stress yang dialami karena pekerjaan. Ia pun mengaku bahwa perasaan lega dan badan yang bugar didapatkan usai mengeluarkan semua kesedihan.

Pernyataan tersebut didukung oleh studi yang dilakukan University of Minnesota. Menangis terbukti bisa meningkatkan mood sebanyak 88,8%. Bahkan menangis pun bisa menyembuhkan, meningkatkan immune tubuh, mengurangi stress dan level kemarahan di dalam tubuh.

“Terbukti dengan perasaan lega yang dirasakan setelah menangis, bukan?” kata Professor William Frey, yang melakukan penelitian tentang menangis ini. Ia juga menjelaskan bahwa ketika mengeluarkan air mata, zat yang tidak dibutuhkan tubuh ikut terbawa keluar. Ini yang menjadi penyebab timbul perasaat lega usai menangis. Stress dan pemicu penyakit jantung ditekan keluar dan immune tubuh ikut meningkat karena tubuh lebih sehat.

Tak hanya itu, dengan menangis kita menarik nafas lebih dalam sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Nafas biasanya lebih pendek saat stres muncul dan hormon kortisol akan meningkat, maka timbul gelisah. Dengan menarik nafas dalam-dalam, perasaan akan jauh lebih baik dan segala sesuatu di dalam tubuh bisa dikendalikan.

Mulai sekarang, jangan malu dan ragu untuk menangis dan minum air putih cukup banyak setelahnya agar tidak dehidrasi. (*)

0 komentar:

Posting Komentar


Bupati Bengkalis Santuni 605 Anak Yatim-Kaum Dhuafa di Mandau

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan di Mesjid Baitulrahmah Duri

Dihadiri Bupati, Kajari Bengkalis Gelar Buka Puasa Bersama

Lingkungan

NASIONAL/ INTERNASIONAL

POLITIK

HUKUM & KRIMINAL

EKONOMI

MIGAS

UNIK&ANEH

OLAHRAGA

AUTO

TEKNOLOGI

 

SOSIAL

PENDIDIKAN

SENI & BUDAYA

All Rights Reserved © 2012 RiauGreen.com | Redaksi | Riau